Catat, Pengertian, Tujuan dan Manfaat Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Bagi Peserta Didik

Pertama-tama admin ucapkan terima kasih karena setelah kami memposting “ Cara Mengetahui NISN Siswa SD, SMP, SMA , Di Seluruh Sekolah Indonesia Dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri - Cek NISN Online Dengan Mudah Serta Cepat ” ternya begitu banyak yang bertanya-tanya terkait apa sebenarnya Tujuan dan Manfaat Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Bagi Peserta Didik.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin akan memberin penjelasan lengkap terkait Pengertian, Tujuan dan Manfaat Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Bagi Peserta Didik.


Pengertian NISN atau kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional merupakan sebuah kode pengenal akan identitas seorang siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku untuk selamanya, Nomor unik tersebut merupakan sebuah pembeda antara siswa satu dengan lainnya di seluruh Sekolah yang ada di dalam Indonesia maupun Sekolah indonesia yang ada di luar Negeri.

NISN ini akan diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di Lembaga Pendidikan yang sudah mengantongi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan sudah terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Sistem dalam Pengelolaan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) ini di kelola secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK). Layanan tersebut merupakan sebagian dari program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

Hasil yang diperoleh dari proses pemberian kode identikasi oleh PDSPK akan di tampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu yakni dapat diakses melalui alamat atau situs NISN (https://nisn.data.kemdikbud.go.id/)

Tujuan dan Manfaat NISN

Setiap Peserta Didik yang sekolah di Indonesia mapun di sekolah Indonesia yang berada di Luar Negeri akan dibuatkan sebuah Nomor Induk Siswa Nasional oleh PDSPK bertujuan dan mempunyai manfaat sebagai berikut:

1. Mengidentivikasi setiap peserta didik yang berada diseluruh sekolah se Indonesia secara Standar, konsisten dan berkesinambungan.

2. Sebagai pusat pelayanan dalam sistem pengelolaan terhadap Nomor Induk Siswa yang bisa di akses secara online bagi unit kerja baik yang berada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Dinas Pendidikan Daerah haingga di Sekolah yang bersifat Standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi ke kinian.

3. Manfaat dari memiliki NISN berikutnya adalah  sebagai sistem pendukung program yang di canangkan Dapodik dalam mengembangkan  dan menenerapkan sebuah program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan baik yang berada di tingkat pusat, provinsi, kota maupun kabupaten hingga di sekolah.

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian NISN, Tujuan dan Manfaat siswa memiliki Nomor Induk Siswa Nasional ini, semoga dengan adanya penjelasan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua khususnya siswa dan orang tua siswa.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Catat, Pengertian, Tujuan dan Manfaat Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Bagi Peserta Didik "

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel