Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap Terkait Keterangan Status Data Pada Tunjangan Profesi Di Info GTK

Bapak/ ibu guru di manapun anda berada, Penjelasan Lengkap Terkait Keterangan Status Data Pada Tunjangan Profesi Di Info GTK di lembar Info GTK yang tertampil pada Status Validasi Data Tunjangan Profesi berasal dari data yang dikirim sekolah melalui Aplikasi Dapodik.


Penjelasan Lengkap Terkait Keterangan Status Data Pada Tunjangan Profesi Di Info GTK

Jika ada kesalahan pengisian atau penginputan data maka proses perbaikannya dilakukan di sekolah masing-masing dan menjadi tanggungjawab pemilik data. Status Validasi Data Tunjangan Profesi yang tertampil pada Info GTK sangat berkaitan erat sebagai proses pencairan tunjangan, apakah keterangan tersebut valid ataukah belum valid.

Validasi Data Guru
Validasi Data Guru pada Info GTK meliputi:
1.    Data Individu Berdasarkan Dapodik
2.    Tugas Tambahan
3.    Status NUPTK Pada Database NUPTK
4.    Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik
5.    Rombongan Belajar (Rombel)
6.    Verifikasi Data Tunjangan Profesi
7.    Data Kehadiran Guru

Tunjangan Guru

Keterangan Status Data

Beberapa keterangan Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik yang tertampil pada Info GTK sehingga Bapak atau Ibu Guru Dikdas dapat mengetahui keterangan apa yang ditampilkan.

Untuk mengetahui keterangan status data pada tunjangan profesi, maka Bapak atau Ibu Guru dapat melihat Uraian, Data, dan Keterangan.

Uraian Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik menunjukkan angka berapa dan apa isi Keterangan yang disajikan pada lembar tersebut. Jika status data menunjukkan angka:
1.    Status Data: 1
Keterangan: Data dapodik belum terbaca
2.    Status Data: 2
Keterangan: Belum lolos verifikasi dan validasi perlu perbaikan data (lihat lembar info pada tab verifikasi tunjangan profesi)
3.    Status Data: 4
Keterangan: Belum valid (Kordinasi dengan OP Tunjangan)
4.    Status Data: 6
Keterangan: Tidak aktif/Pensiun
5.    Status Data: 7
Keterangan: Menunggu periode generate SKTP
6.    Status Data: 8
Keterangan: Sudah terbit SKTP
7.    Status Data: 16
Keterangan: SKTP belum dapat diterbitkan karena belum diusulkan operator tunjangan profesi dinas, silahkan hubungi dinasnya.
8.    Status Data: 19
Keterangan: Telah memiliki beban tugas minimal 24 jam tatap muka dalam 1 jenis mata pelajaran namun tidak sesuai dengan sertifikat yang dimiliki, jika memiliki ijazah s1 yang sesuai dengan mapel yg di ampu silahkan memverifikasi melalui dinas pendidikan.

Verifikasi Data Tunjangan Profesi

Keterangan Status Data Pada Tunjangan Profesi diatas juga berkaitan erat dengan Verifikasi Data Tunjangan Profesi, terdapat 7 uraian dan keterangan.

Jika salah satu dari 7 data tersebut ada yang bersilang merah, maka Status Validasi Data Tunjangan Profesi pasti dinayatakan Belum Valid dan tertampil pada lembar Info GTK.

Apa saja 7 uraian yang tertampil pada Verifikasi Data Tunjangan Profesi jika sudah valid dengan status data tercentang hijau semua:
1.    Beban Mengajar
Keterangan: Jam Linier Sudah mencukupi.
2.    Keaktifan
Keterangan: Dinyatakan aktif oleh BKN
3.    Kelengkapan Data
Keterangan: Data Sudah Lengkap
4.    Kelulusan Sertifikasi
Keterangan: Sudah Sertifikasi dengan kode: ...
5.    Kepegawaian
Keterangan: NIP ditemukan pada data BKN
6.    NUPTK
Keterangan: NUPTK Valid
7.    Usia
Keterangan: Belum Pensiun

Jika Status Validasi Data Tunjangan Profesi yang tertampil pada Info GTK Valid, maka siap untuk di SK kan dan Bapak atau Ibu Guru tinggal menunggu proses pencairan yang akan masuk pada masing-masing rekening.

Untuk itu simak baik-baik Keterangan Status Data Pada Tunjangan Profesi pada Info GTK, jika valid maka tinggal menunggu, jika belum maka silahkan perbaiki sesuai keterangan yang tertera pada laman Info GTK.

Demikian Penjelasan Lengkap Terkait Keterangan Status Data Pada Tunjangan Profesi Di Info GTK, Semoga Ada Manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

257 komentar untuk "Penjelasan Lengkap Terkait Keterangan Status Data Pada Tunjangan Profesi Di Info GTK"

  1. info gtk terbaru 2020 saya blm valid krn jjm tdk linier sejak 2019 kemarin pdhl sebelumnya lancar2 saja, trs gmn ya solusinya mohon masukannya.no wa saya 085842226578

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah muncul kode apa ?

      Hapus
    2. status data no. 2. di lembar verifikasi beban mengajar keterangannya "Jam mengajar masih dalam verifikasi"

      Hapus
    3. menunggu saja hasil penarikannya

      Hapus
  2. info gtk 2020 saya blm valid
    bahkan sejak 2019 kemarin krn jjm tidak linier, saya setifikasi biologi smk mengajar kewirausahaan..gimana solusinya ya, trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mapelnya sesuai ijasa, tidak boleh cari jam dengan beda mapel

      Hapus
    2. Status data 2. dilembar verifikasi beban mengajar keterangannya "Jam mengajar masih dalam verifikasi".

      Hapus
    3. masalah atau pertanyaanya apa ?

      Hapus
  3. Diinfo GTK jam tambahan muncul pembina osis 2 jjm dan pembina pramuka 2 jjm jam mengajar linier 21 jjm tetapi status belum valid. apakah tigas tambahan tersebut (pembina osis dan pramuka) tidak/belum diakui ?

    BalasHapus
  4. Yth terhormat Bpk/Ibu Admin.
    Dari Status 16 ke 8 kira butuh waktu berapa hari/minggu...
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja, pastikan dulu operator dinas sudah verivikasi dulu, kemudian tunggu penarikan data oleh operator pusat.

      tidak ada atau tidak ada waktu yang di berikan pusat

      Hapus
    2. Mohon maaf admin. Dinas katanya sudah verifikasi. Tapi dataku masih status 16. Mohon pencerahan. Semester 2 thn lalu. Sknya ada tapi sampai saat ini keteranganya sementara proses. Apa masih ada harapan. 🙏

      Hapus
    3. menunggu saja perubahannya

      Hapus
  5. Saya status 2. Jam linier tatap muka di sekolah induk minimal 12 jam, sedangkan mapel yg sy ampuh hanya mempunyai 9 jam di sekolah induk krn hanya memiliki 3 rombel.
    Apakah bisa valid nantinya.. ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaupun hanya 9 jam, tambah saja tugas tambahan di sekolah induk.

      Hapus
  6. Mohon maaf izin bertanya.. info gtk sy status data 2.. beban mengajar kosong ada tanda seru merah.. padahal jjm sy 33 jam mapel geografi sudah sesuai dengan ijazah S 1 pendidikan geografi.. sebelumnya sy guru mutasi dr tingkat mts pd kemenag mengajar mapel ips kode 100, kemudian semester ganjil 2019 2020 mutasi ke jenjang SMA mengajar mapel geografi... ternyata pada info gtk yg baru masuk disemester genap 2020 kode sergur sy berubah dr 100 - IPS menjadi 214 Sosiologi.. shg menyebabkan info gtk sy BELUM VALID.. Mohon pencerahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutan dr yg sebelumnya :

      Alkhmdlillah NRG sdh ada, NUPTK valid, mohon bantuan pencerahan.. apa yg bs sy lakukan, klu melihat pd permendikbud no 16 tahun 2019 (klu tdk salah) tentg tugas guru (mapel geografi jenjang SMA, bisa diampu oleh guru ber kode 100 asal S 1 nya sesuai dengan mapel) selain itu pada keterangan jg disebutkan guru bersertifikat pendidik bisa mengajar sesuai dengan ijazah S 1 nya.. mohon bantuan nya.. terima kasih

      Hapus
    2. sambil menunggu penarikan data dari dapodik ke Info GTK, sebaiknya langsung konfirmasi dengan operatos dinas atau UPT untuk jenjang SMA/ SMK

      Hapus
    3. Terima ķasih Bpk Ibu telah berkenan menanggapi masalah sy.. Alkhmdlillah sy sdh konfirmasi ke operator dinas atau UPT untuk jenjang SMA/SMK. Akn tetapi jwapan nya malah sy d suruh pindah mapel mengajar sosiologi, pdhl itu malah kluar dr mapel yg sdh sy ampu selama 10 tahun d SMA dn tdk sesuai dgn ijazah S 1 yg sy miliki. Kemudian setelah operator UPT sy beri penjelaskan lg tentang kondisi sy, blm ada jawapan kembali.. Semoga beliau jg berusaha menangani masalah yg sy hadapi dn msh ada jln kluar .. Aamiin Yaa Robbal Alamiin.. Terima kasih

      Hapus
    4. Terima Kasih Bpk Ibu.. semangat dn sehat selalu buat Bpk Ibu... biarpun d tengah krisis corona, Bpk Ibu tetap berkenan memberi pencarahan pd rekan2 Guru yg memiliki kendala.. Terima kasih

      Hapus
    5. terima kasih juga pak,
      doakan kami akan selalu memberikan informasi yang benar lewat blog sederhana kami ini

      Hapus
    6. Alkhamdulillah Bpk Ibu, akhirnya pagi ini Sabtu 11 April 2020, info gtk sy sudah VALID, kode mapel sudah berubah seperti awalnya sy sergur yaitu kode 100.. Terima kasih atas bantuan nya..
      Untk SK INPASSING yg sy terima d MTs dr KEMENAG belum paham diakui apa tidak di bawah naungan KEMENDIKBUD ( Sy Guru Mutasi Kemenag ke Kemndikbud)..
      Rekan Guru tetap semangat untk koordinasi sama operator dinas masing2...
      Terima kasih dan mohon maaf

      Hapus
    7. Assalamualaikum wr.wb pak admin ijin bertanya masalah status kelulusan sertifikasi di info gtk statusnya belum lulus sertifikasi padahal sy sdh sertifikasi di mts thn 2013 mapel ips kode 100 dan pindah di SMA bru 2019 sertifikasi ulang mapel ekonomi, sdh konfirmasi ke dinas tp belum ada perubahan, mohon petunjuknya apa yg bisa sy lakukan? Mohon petunjuknya

      Hapus
    8. menunggu saja penarikan data update dari dapodik ke info GTK terbaru

      Hapus
    9. Terimakasih pak admin atas sarannya, sdh konfirmasi dgn operator dinas kata beliau sekolah induknya ganda, kira2 bgm solusinya pak?

      Hapus
  7. Assalamualaikum, Pak Admin mau tanya, status saya masih 2, dibeban mengajar tertulis "Jumlah linear di sekolah induk 12 jam (jam linear di sekolah ybs hanya 7 jam-periksa kevalidan rombel dan jumlah siswa" di kelas XII masih menggunaka KTSP 2006, sedangkan dalam GTK (di Rombel Belajar) ada keterangan KTSP 2006 tidak diakui, apakah itu nanti akan tetap Valid? berhubung jam linear saya di sekolah saya hanya 7 jam, karena di sekolah saya hanya ada 3 rombel. Tugas tambahan saya adalah Wakakur dan mengajar di sekolah lain 8 jam. Kalo nanti tetap tidak Valid karena jam mengajar disekolah induk kurang dari 12 jam. Bagaimana solusinya? Maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja penarikan data dari dapodik ke Info GTk

      Hapus
    2. Assalamualaikum, Maaf, Pak Admin, mau tanya, ini di penarikan info GTK yang terbaru status saya masih sama 2, dan jjm di kelas XII yang menggunakan KTSP 2006 masih tertulis tidak diakui, solusinya bagaimana nggeh Pak Admin...maturnuwun

      Hapus

    3. menunggu saja dan konfirmasi segera ke operator dinas terdekat

      Hapus
  8. Assalamualaikum wr wb.
    Terimaksih atas ruang berkonslutasi disini. Status sy 2. Jam linier sdh dipenuhi di sekolah induk dan non induk mapel bahasa inggris SMP. Di sekolah induk 12 jam dan non induk 12 jam. Sudah satu bulan dari tanggal sinkronisasi tapi mengapa belum juga valid?

    BalasHapus
  9. Mohon maaf jika merepotkan. Status data saya : 16. Sudah ada SK Penugasan Gubernur. Mohon diberikan pertimbangan bagaimana langkah selanjutnya yang bisa saya lakukan. Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bapak sebagai apa, guru sertifikasi atau operator sekolah ?

      Hapus
    2. di ulangi lagi, emangnya pak guru serifikasi ya ?

      Hapus
    3. Alhamdulillah sudah dapat NRG. Data valid (tinggal persetujuan dinas), status data 16 (siap diterbitkan SKTP).

      Hapus
  10. Kode status 7. Saya sertifikasi dari ppg daljab 2019. Saat kuliah diberikan no rek BNI. Apakah nanti pencairannya langsung ke no rek tsb?

    BalasHapus
  11. Yth. Admin. Terima kasih layanan konsultasi masalah dapodik ini.
    mohon maaf bertanya, Apakah tugas tambahan pembina pramuka dan pembina osis di dapodik 2020.b. jenjang smp masih diakui dan memiliki ekuivalensi untuk pemenuhan jam mengajar bagi guru bersertifiksi. terima kasih.

    BalasHapus
  12. Yth. Pak Admin..saya guru kelas, sdh sertifikasi bhs Inggris dan sdh pnya ijasah PGSD..menurut Permendikbud no 16 thn 2019 serdik saya di akui..tp di info gtk status data saya kode 2 tnda seru merah..kira2 itu gimana ya pak? Operator saya sdh mengecek data saya sdh benar semua di dapodik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya adalah konfirmasi langsung dengan operator dinas terkait

      Hapus
  13. Yth.Pak.Admin..saya guru kls, sdh pnya ijasah PGSD tp sertifikasi saya BHS ing..menurut permendikbud no 16 thn 2019 serdik saya di akui Krn sdh pnya ijasah PGSD..tp di info gtk saya kode status 2 pada beban mengajar tanda seru merah..OPS saya sdh mengecek data saya di dapodik dan semua sdh benar dan sdh di sinkronkan..kira2 kendala nya apa ya pak..dan apa yg hrs saya lakukan?..sebelum nya trima kasih banyk

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya adalah konfirmasi langsung dengan operator dinas terkait .
      terima kasih kembali karena sudah bertanya

      Hapus
    2. Saya sdh konfirmasi dgn dinas tgl 2
      April pak dan memberi jwaban .....menunggu verifikasi pusat..

      Hapus
    3. ya, berarti menunggu saja.
      operator dinas pasti sudah kerjakan

      Hapus
  14. untuk melihat tunjangan sebagai kepala sekolah apa bisa lewat gtk...sya

    ks di tk swasta

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah TK tersebut sudah menggunakan aplikasi dapopaud ??

      Hapus
  15. status data 17 ( dianggap tidk aktif) padahal aktif mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja hasil penarikan data di bulan april ini

      Hapus
    2. Kasus saya juga sama, Status data 17 ( dianggap tidak aktif) padahal aktif mohon penjelasan dan solusinya? Terimakasi

      Hapus
    3. sudah di jelaskan ke lainya bahwa menunggu saja hasil penarikan data di bulan april ini

      Hapus
  16. Di Sekolah kami (SMP), terdapat dua guru mapel PPKn dan Bahasa Indonesia yang jamnya 18 JP sehingga 6 jam lagi terpenuhi di sekolah lain sejak semester ganjil kemarin dan keduanya bisa valid.
    Namun semester genap ini yang mapel PPKn sampai sekarang belum valid. mengapa bisa demikian padahal yang mapel Bahasa Indonesia sudah valid?


    (Keduanya di sekolah yang sama, Operator kedua sekolah sampai bingung pak masalahnya dimana?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja penarikan data dari dapodik ke info GTK terbaru

      Hapus
    2. sama-sama dan semoga dalam waktu dekat akan berubah

      Hapus
  17. Saya guru kelas SD,status saya Guru honorer sekolah negeri.keterangan info gtk no 7,mnunggu periode generate sktp.apakah sbgai guru honorer bisa mmperoleh tunjangan serti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa sekali baik untuk guru PNS maupun guru non PNS

      Hapus
  18. Mohon maaf mau nanya: saya guru pns, S1 nya pendidikan teknik serdiknya teknik tapi mapelnya guru pjok sd, dan di info gtk status datanya 19,
    Apakah harus kuliah lagi atau ppg lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan kulia lagi melainkan verivikasi dulu mapel sesuai ijasa S1 nya

      Hapus
    2. Berarti kami harus mutasi atau mengubah mapelnya sesuai dengan ijazah s1, ya admin?

      Hapus
  19. Saya guru di SMP satap dengan 3 rombel jam linear saya di sekolah induk 6 jam + 12 jam wakasek + 6 jam sekolah non induk (tapi tidak trbaca linear krna sek. Induk kurang dari 12 jam) jadi jam linear yg trbaca 18 jam. Status gtk saya 2. Apakah status saya bisa valit atau tidak? Mohon pencerahannya. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudadh vaid itu, jumlah jam di tambah tugas tambahan sudah melebihi 12 jam di sekolah induk.
      menunggu saja penarikan data dari dapodik ke info GTK

      Hapus
    2. Tetapi sampai skrang status saya belum valit. Sedangkan teman2 guru yg lain sudah valit dan sktp juga sudah keluar. jadinya saya agak ragu,

      Hapus
    3. pastikan saja jumlah jam di dapodik sudah sesuai,
      silahkan hubungi operator dinas terkait untuk pastikan kevalidasian sertifikasi SN

      Hapus
  20. saya guru IPA di SMP, di sekolah saya ada 6 rombel dua orang guru ipa, satu orang guru ipa 24 jam tatap muka (linier), sedangkan saya 18 jam tatap muka(linier), kalau ditambah tugas tambahan dg penilaian kinerja guru, pembina osis, guru piket, dan wali kelas, apakah saya bisa saya valid ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jenjang smp, tugas tambahan untuk wali kelas dan guru piket belum di akui pusat.
      sebaiknya ambil jam lain di sekolah non induk

      Hapus
    2. maaf admin, , kalau tugas tambahan wali kelas dan guru piket tdk diakui,berarti saya cuma kurang 2 jam, bagaimana kalau saya tambahkan tugas tambahan pembina ektrakulikuler IPA,. apakah bisa saya valid min ?

      Hapus
    3. megang kegiatan ektrakulikuler olimpiade biologi

      Hapus
    4. untuk jenjang sekolah apa ?

      Hapus
    5. belum ada jumlah jamnya kalo SMP soal eks IPA

      Hapus
    6. maaf min, kalau begitu tugas tambahan apa kira2 yg bisa saya ambil selain pkg dan pembina osis untuk mencukupi jam saya itu ?
      ngambil jam disekolah non induk sudah penuh semua di zona saya,

      Hapus
    7. tugas tambahan perpustakaan bisa

      Hapus
    8. terimakasih min,
      terakhir min, kesimpulannya berarti " 2 orang guru IPA di SMP Negeri dengan rombel ada 6 rombel (42jam linier) bisa valid dua-duanya dengan catatan salah satunya harus penuh 24 jam tatap muka, sedangkan satunya lagi dipenuhi dengan tugas tambahan (18 jam + tugas tambahan 6 jam)
      begitu ya min ?

      Hapus
    9. benar sekali, itu di katakan valid semuanya

      Hapus
  21. Info gtk saya sudah valid menunggu generet sktp kode 7......padahal tidak ada perubahan data....tiba tiba berubah belum valid jam linier kurang

    Tolong solusinya....


    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap semangat dan menunggu, sementara dalam proses penarikan data terbaru.

      Hapus
    2. Apa yg membuat berubah kmr sudah valid tinggal nunggu sktp terbit.....saya cek lagi berubah belum valid ??

      Hapus
    3. berubah secara otomatif oleh aplikasi pusat

      Hapus
    4. Terus harus kita rubah....atau bagaimana ya pak
      Tolong sarannya🙏

      Hapus
    5. Terus harus kita rubah....atau bagaimana ya pak
      Tolong sarannya🙏

      Hapus
    6. tinggal menunggu saja dan pantau terus info GTK

      Hapus
    7. Saya mengajar kimia SMK K13revisi hanya ada dikelas X total 9 jam berdasarkan linieritas mapel PKK bisa linier... Alhamdulillah valid sudah kode 7....

      Saya pantau info gtk berubah belum valid dgn kode 2 jam disekolah induk kurang dari 12 jam...
      Karena yg linier kimia: 9 jam
      PKK : tidak linier

      Tolong solusinya...

      Tunggu saja atau harus bagaimana

      Hapus
    8. menunggu saja penarikan data update dari dapodik ke info GTK terbaru

      Hapus
    9. Ini sama statusnya dengan saya ya, data jam linear berubah, dari 28 jam kemudian setelah verifikasi pusat jadi 6 jam, sinkronisasi berulang ulang sampai sekarang belum valid juga

      Hapus
    10. ia, menunggu saja dan jangan lupa untuk selalu cek di verfal PTK

      Hapus
  22. Selamat malam pak admin
    Saya guru di SD SWASTA saya mengajar bahasa inggris. Inpassing dan serifikasi saya bahasa inggris. Tpi ijasah saya S1 PEND. LUAR SEKOLAH . Status data saya di dapodik 19 .. apakah saya harus kuliah lagi atau bagaimana baiknya...
    Mohon infonya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumah saja sesuai ijasanya. langsung ketemu dengan operator dinas untuk merbahnya

      Hapus
    2. Maaf pak saya mau tanya ops dinas itu yang di walikota atau di gatot subroto pak

      Hapus
    3. ga mungkin kami tau, soalnya kami beda-beda daerah

      Hapus
  23. Maaf pak saya mau tanya lagi ... ini saya sudah menghubungi ops dinas. Katanya saya ga bsa memverifikasi karena ketidak sesuai an ijasah dengan sertifikasi ... berarti saya ga bsa valid ya pak... ataukah ada jalan lain pak mohon bantuan infonya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia berarti tidak valid, dari kami tida ada jalan lagi karena bukan kemampuan kami
      terima kasih

      Hapus
  24. Mohon izin bertanya :
    (1) Berdasar ini (https://www.dapodik.co.id/2019/09/juknis-penyaluran-tunjangan-profesi-dan.html), apakah guru bukan PNS juga mencakup guru honorer/ GTT di sekolah negeri ?

    (2) Berdasar surat dirjend GTK No. 4955/B.B4/GT/2018 tanggal 27 Februari 2018 bahwa pendaftaran dan pelaksanaan PPG dalam jabatan tidak berlaku untuk pembayaran tunjangan profesi pendidik, kecuali PNS dan guru di sekolah swasta.
    Bagaimanakah kedudukan surat dirjend tersebut setelah keluarnya peraturan dirjend GTK nomor 5745/B.B1.3/HK/2019 tentang penyaluran teknis penyaluran tunjangan profesi dan tunjangan khusus guru bukan PNS..

    Atas perhatian dan tanggapannya kami ucapkan terima kasih.
    Nono Tri Hariyanto (nono@itsupport.my.id)

    BalasHapus
  25. Asalamualaiku wrwb...
    Pak Admin masf mau tanya 2 persoalan ini :
    1. Saya lulus ppg daljan uny 2019 dan waktu ppg kami membuat rekening utk pencairan biaya kulush.
    Apakah pencairan juga lewat rekening tersebut?
    Jenjang saya SMK
    2. Soal infasing, saya dapat LIP 2015. Tapi baru pengajuan lagi setelah lulus ppg. 2020 kmaren.
    Apakah berkas yg saya kirim berdasarkan LIP masih berlaku?
    Terimakadih dan maaf Pak Admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan di pakai yang satu saja, pasti yang di pakai adalah PPG DJ

      Hapus
  26. Assalamualaikum, wr wb pak admi ijin bertanya masalah info GTK status sertifikasi belum lulus, sy sertifikasi di mts di kemenag thn 2013 mapel ips kode 100 kemudian pindah di SMA ikut ppgdj thn 2019/ sertifikasi ulang mapel ekonomi, sy sdh sampaikan ke diknas namun smp skrg status sertifikasi sy di info GTK msh belum lulus sertifikasi, mohon petunjuknya pak apa yg hrs sy lakukan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus rubah datanya melalui operator dinas baik di smp maupun di sekolah baru

      Hapus
    2. Bgmn pak klw sdh di mutasi di SMA dan tdk terima sertifikasi sejak 2015 nanti di SMA sertifikasi ulang?

      Hapus
    3. konsultasi langsung saja di dinas pendidikan atau UPT

      Hapus
    4. Terimakasih pak bpk ibu yg sdh berkenan menanggapi masalah sy. Sy sdh konsultasi ke dinas, operator upt saranin input NRG &sertifikat, ops sdh input berkali2 tp status msh sama , mudah2 beliau berusaha menangani mslh sy. Semoga ada jalan keluar...Aamiin.

      Hapus
    5. selalu cek terus ke operator dinas ya

      Hapus
    6. Makasih pak admin atas sarannya..sy Sdh disampaikan ke operator dinas tp smpai skrg belum ada perubahan.

      Hapus
    7. bersabar saja sampai akhir bulan mei ini

      Hapus
    8. Terima kasih pak..mudah2 an bisa berubah. Jdi hrs sincron lgi ya pak ?

      Hapus
  27. Yth.Admin. saya SMK swasta di jambi, kelas X dan XI sudah K 13 sedangkan kls XII masih KTSP. Saya mengajar mapel sertifikasi fisika. kls X, 9 jam dan tugas tambahan kepala labor 12 jam, jdi total 21 jam yg terbaca sedangkan kls XII masih ada mapel fisika 6 jam tapi tidak terbaca, mohon penjelasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja penarikan data update dari dapodik ke info GTK terbaru

      Hapus
  28. Malam pak admin, sy mengajar di SMP guru b.inggris, di induk sdh terbaca 8 jam+ ka perpustakaan, di non induk sy mengajar 4 jam, klo dilihat dr jjm itu sy sdh 24 tp di non induk dibaca 0 sdh 3 mggu lebih tdk ada perubahan, account ptk sy berbeda di induk dan non induk, adakah pengaruh nya itu min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan di sekolah non induk sudah instal dengan aplikasi dapodik terbaru

      Hapus
  29. Admin stts info gtk saya no. 2.. saya tidak linier ngajar sd tapi sudah 30 jam mengajar apakah saya dapat sertifikasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja penarikan data update dari dapodik ke info GTK

      Hapus
  30. Berapa lama kami harus menunggu periode generate SKTP ke terbitnya SKTP

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada waktu yang di tentukan.
      menunggu saja

      Hapus
  31. Izin bertanya bpk admin saya non PNS status data saya 2 dengan tanda seru merah berisi format pembayaran, apakah artinya itu dan mohon solusinya agar bisa saya bergegas memperbaikinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung bertemu dengan operator dinas terdekat

      Hapus
  32. Assalamualaikum... Izin bertanya pak. Saya mengajar di smk. Ijazah saya pendidikan kimia. Sekolah saya hanya ada 4 rombel (kls x ada 2 kls). Karena menggunakan k13 mapel kimia hanya ada di kls x saja. Saya mengajar kimia 4 jam (linier) dan pkk 8 jam (awalnya di info gtk linier tapi berubah jadi tidak linier), serta menjabat tugas sbg kurikulum.
    Status ny jd 2 karena jam induk hanya 4.
    Mohon solusinya pak. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja perubahan dari hasil penarikan data terbaru dari dapodik ke info GTK

      Hapus
    2. Izin bertanya lagi pak. Kalo kondisinya seperti itu jam kimia cuma 4 tambah kurikulum 12 jd total 16 ada harapan bisa valid gak pak?. Saya guru satu2nya.

      Hapus
  33. Kalau saya status data 2 beban mengajar masih merah dengan keterangan jam mengajar dalam proses verifikasi jjm sekolah induk 27 jam tapi jjm sekolah induk linier masih 22 jam ...mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja penarikan data terbaaru dari dapodik ke info GTK
      jangan lupan untuk selalu cek di info GTK
      cek tanggal penarikannya

      Hapus
  34. Assalamualaikum Bapak Admin, mohon solusinya ... saya Lulus PPGDJ Mapel TIK 2019 dan saya mengajar di SD .. di info GTK status 19, saya sudah bertanya kemana-mana tapi belum ada yang menjawab ... apakah TIK jenjang SD masih TIDAK DIAKUI di dapodik ? mohon pencerahannya .. terima kasih sebelumnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sd tergantung kuri kulum apa yang di lakukan. kalau KTSP masih bisa

      Hapus
    2. di sekolah kami sudah menerapkan Kurikulum 2013, apakah di K13 tidak diakui mapel TIK ?

      Hapus
    3. Sertifikat saya kodenyya 224 Teknologi Informasi dan Komunikasi, apakah bisa linier jika mengajar SBdP di Kurtilas ? kalao saat ini saya masih mapel Mulok TIK di dapodik hanya saja statusnya masih TIDAK DIAKUI ... sedih sekali perjuangan bertahun2 harus kandas oleh peraturan yang mengikat ... mohon arahannya dari Admin ...

      Hapus
  35. Selamat malam admin...
    Saya sudh lulus PPG DALJAB 2019. Masalah yang saya dapat adalah status data sya 2 dan ketika sya cek di validasi tunjangan profesi ada 1 data yang silang merah yaitu kelulusan sertifikasi. Anehnya pa status kelulusan seritifikasi itu dengan keterangan NUPTK/NRG terbit tahun 2020...
    Mohon solusinya. Trims admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja penarikan data terbaaru dari dapodik ke info GTK
      jangan lupan untuk selalu cek di info GTK
      cek tanggal penarikannya

      Hapus
  36. Saya mengajar diSMK (Rombel hanya 3).. Total jam mengajar sesuai kurikulum 2013 adalah 10 kemudian ditambah Waka Kurikulum 12 jdi total 22. Di keterangan info GTK belum Valid (Kode 2). Apa yang harus saya lakukan? Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja penarikan data terbaaru dari dapodik ke info GTK
      jangan lupan untuk selalu cek di info GTK
      cek tanggal penarikannya

      Hapus
  37. Siang pak mau tanya.data saya tadinya sudah status 7 tp kelang 2 minggu brubah lg jd status 16
    Gmn solusinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja penarikan data terbaaru dari dapodik ke info GTK
      jangan lupan untuk selalu cek di info GTK
      cek tanggal penarikannya

      Hapus
  38. Selamat malam admin,.saya mengajar di smk mapel kimia, jjm 32 jam, yaitu kimia 15 jam, pkk 10 jam sisanya mapel produktif.
    Awal bulan saya cek jjm saya di akui 23 jam, terbaru saya cek lagi, jjm yang di akui hanya 15 jam.
    Bagaimana sebaiknya pak? Apakah jam pkk untuk guru kimia memang tidak di akui? Mohon pencerahannya, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

      Hapus
    2. beda mapel tidak akan menjadi valid

      Hapus
    3. Tahun sebelumnya PKK linier dengan kimia, apakah aturannya sudah berubah pak?

      Hapus
    4. cek kurikulumnya masih KTSP atau K13

      Hapus
    5. dari tahun lalu apakah sudah k13 ?

      Hapus
    6. Iya pak, K 13 revisi dari tahun sebelumnya.... Kimia hanya ada di kelas X

      Hapus
    7. berarti sekarang tinggal penarikan data dari dapodik ke verval PTK ,,,,,,

      Hapus
    8. Terimakasih pak.....🙏🙏

      Hapus
  39. Ass.wr.wb...
    Saya guru SMA. Status data 2 karena sekolah induk dobel, Sdh lapor cabdin, lalu info gtk jadi valid. Beberapa hari kemudian tiba2 berubah BELUM VALID lagi. Mohon solusinya ya pak...terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, menunggu saja. masih ada perbaikan oleh pusat di verval PTK

      Hapus
  40. Selamat pagi pak...
    Info gtk saya belum valid krn sekolah induk dobel, sdh lapor cabdin... data berubah jadi valid.
    4 hari kemudian info gtk berubah BELUM VALID lagi, sama cabdin suruh menunggu lagi. Sinkronisasi terakhir tertulis 23 Maret 2020. Mohon penjelasan dan solusinya pak. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, menunggu saja. masih ada perbaikan oleh pusat di verval PTK

      Hapus
    2. Terima kasih pak atas infonya...kalau boleh tahu sampai berapa lama ya pak untuk perbaikan verval PTK nya ?

      Hapus
    3. belum ada pernyataan resminya, apa lagi sekarang ada corona. butuh waktu.pastikan saja data sudah benar di dapodik. tinggal sering cek selalu di verval PTK

      Hapus
    4. Iya Pak, terima kasih info dan sarannya. Semoga segera terselesaikan semuanya.

      Hapus
  41. Selamat pagi pak/bu admin.
    Saya mau bertanya. Status SKTP saya adalah 7. Status ini sudah hampir 1 bulan tidak berubah. Apa yang bisa saya lakukan saat ini agar segera menuju status 8? Terima kasih

    BalasHapus
  42. Ass.wr wb..., selamat pagi ...
    Pak saya guru PNS dpk, status data 2, disebabkan induk sekolah lebih dari satu. Cabdin sdh berulang kali bilang data sdh dibetulkan, tapi sampai saat ini data saya BELUM VALID, padahal verifikasi data tunjangan profesi sdh tercentang hijau semua. Terus terang saya khawatir kalau waktu sinkronisasinya keburu habis
    ( cuttoff ). Mohon solusinya ya pak. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, saya juga menunggu verifikasi pusat data berubah terus, jam linear sy udh 24 tp tetap tidak valid, kenapa ya??

      Hapus
    2. ia, menunggu saja. sekarang masih terus perbaikan

      Hapus
    3. Agak melegakan jawabannya pak, be he.. Terima kasih

      Hapus
  43. Mlm bpk/ibu..mhon bntuannya..sya gru lluPNS.januari sya ada slah input nuptk.sya sdh brapa kli perbaik dan sinkron ttapi d info gtk dan sim skb masih kluar nuptk yang slah sehingga valdasi tnjangn profsi sya belum valid sstus dtanya 2...kira kira gmna caranya pa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya langsung ketemu sama operator dinas

      Hapus
  44. Msh lnjutan pertnyaannya snkron terkhr dta sya tgl 7/4/2020...ttapi d info gtk msh kluar nuptk yg salah..gmna itu pa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya juga pak sampai sekarang belum berubah, kita tunggu saja siapa tau nanti setelah penarikan data dr pusat bs berubah, mudah2an ya... Berdoa...

      Hapus
    2. tetap semangat dan tetap sering cek verval PTK

      Hapus
    3. sambil berdoa dan sering cek verval PTK

      Hapus
  45. Malam Bapak / Ibu Perubahan data dari 7 ke 8 berapa lama ya

    BalasHapus
  46. Selamat pagi Pak ....
    Bagaimana caranya gar info gtk yg sdh valid segera terkunci ?
    mengingat data saya minggu lalu sdh valid tiba2 berubah menjadi BELUM VALID. Mohon pencerahannya ya pak. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja, sekarang masih dalam proses pusat sekarang

      Hapus
  47. Selamat pagi menjelang siang pak. Saya mengajar di SMP. Mapel bahasa Inggris. Guru bhs Inggris 2 org rombel 11. Yang satu guru sudah valid. Saya mengajar 20 jam ( 5 kelas) + walas dan pembina English club. Di info GTK status saya 2. Apakah status saya bisa valid pak? Mohon bantuannya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. di smp tidak ada jamnya untuk walas dan pembina englis

      Hapus
  48. Assalamu alaikum admin.. berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perubahan data di info GTK setelah singkron di dapodik??

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum di pastikan.
      jadi sering saja buka info GTK

      Hapus
  49. selamat siang ... untuk menunggu periode generate SKTP sampai berapa lama menunggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada jadwal pasti. menunggu saja itu.
      pastikan saja data di dapodik sudah benar dan pastikan juga kalau sering sinkron dapodiknya

      Hapus
  50. Assalamu'alaikum...
    Untuk tugas tambahan Pembimbing khusus bagi sekolah penyelenggara pendidikan inklusi, apa bisa diakui?

    BalasHapus
  51. Selamat sore pak., saya mau bertanya , sy lulus th 2019 tp nrg keluar januari 2020 dan stts di info gtk 7 sy guru honorer, kira2 sktp nya bkal keluar ndak yah pak? Soalnya tmn2 dskolh sy yg Pns sudah 8 sttsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sktp keluar jika sudah di ajukan oleh dinas pendidikan terkait.
      silahkan hubungi operator dinas terdekat

      Hapus
  52. Malam Admin, saya guru SMK Swasta di Jatim. Sudah 3 minggu lebih, status masih VALID (Menunggu Verifikasi Dinas), kode 16. Apa yang harus kami lakukan ? Menunggu kah ?
    Karena ini terjadi pada seluruh guru disekolah kami.
    Mohon petunjuk dan informasi.
    Suwun.

    BalasHapus
  53. Kami sudah mengumpulkan berkas (hard dan soft), sesuai dengan petunjuk.

    BalasHapus
  54. selamat malam admin...mau tanya apakah guru honorer di skolah negeri dapat TPG?status di info gtk saya 16, kok lama tidak berubah ke 7 atau 8 yaa

    BalasHapus
  55. Hallo Admin Mau Nanya Nih, Salah Satu GTK di Sekolah Saya Msih Belum Valid Karena Jam Mengajarnya Belum Muncul di Info GTK Sehingga JJMnya Masih 0

    Saya Sudah Sinkron Dapodik 2 Hari yang Lalu,Kira-Kira Nunggunya Berapa Lama Sampe Data Yang dikirim dari Dapodik Bisa Muncul di Info GTK ?

    BalasHapus
  56. Assallamu'allaikum Wr Wb. Mohon petunjuknya saya sudah sinkron mulai tangga 1 Mei 2020, untuk penyesuain jam mengajar 12 jam disekolah induk dan jam linier, tetapi sampai sekarang saya blm Valid, mohon petunjuknya🙏🙏🙏

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.