Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Fungsi Operator Sekolah Agar Diketahui Guru Yang Sering Memarahi Operator Sekolah Tanpa Memberi Solusinya

DAPODIK.CO.ID - Berbagai macam hal yang telah terjadi dengan diberlakukannya dapodik (data pokok pendidik), baik plus maupun minusnya. Itulah namanya pembelajaran. Yang puas akan menyatakan positif sedangkan yang tidak puas mengatakan negatif.

Hal positif maupun maupun negatif tentu bila telah melihat hasilnya terutama para penerima NUPTK ataupun penerima tunjangan. Jika diuntungkan dengan terbitnya NUPTK atau sk dirjen yang mereka dapatkan maka akan mengatakan positif baik, permasalahan muncul jika guru bermasalah karena belum memiliki NUPTK ataupun belum valin bagi guru sertifikasi, itulah kendala utamanya.

Kebanyakan guru itu hanya mau enaknya, jika masalah-masalah itu muncul di media social maka guru mulailah berbicara, padahal guru itu tidak tau juga dan tidak bisa member solusi dari permasalahan itu.

Tugas Fungsi Operator Sekolah

Ibarat pepatah lama mengatakan memancing uang harus pakai uang pula, begitu pula dengan mencari NUPTK atau tunjangan. Mengejar NUPTK atau tunjangan pasti dengan menggunakan aplikasi dapodik.

Pertanyaan Sederhana:
1. Siapa Yang Mengerjakan Dapodik ?
2. Dari Mana Biaya Operasional Pengerjaan Dapodik ?
3. Siapa Yang Bertanggung Jawab Atas Dapodik Di Sekolah ?

Apakah pernah guru menjawab pertanyaan di atas, bagi admin hanya 10% saja guru yang sering menjawaban dan membantu operator sekolah.

Tentu semua guru tidak akan mau menjadi operator. Kalaupun ada pasti akan segera mengundurkan diri. Penunjukan operator biasanya oleh kepala sekolah kepada staff tu atau guru tik. Guru pada umumnya tidak perduli siapa yang mengerjakan, yang penting mereka dapatkan NUPTK atau tunjangan mereka. Karena guru itu menganggap NUPTK atau tunjangan ini adalah mutlak hak mereka dan harus di perjuangkan, tapi mereka tidak melihat kebelakangan siapa yang mengerjakan data mereka. Guru tidak melihat yang mengerjakan data mereka adalah operator.

Jika guru mengajar dengan jumlah jam mengajar (JJM) 24, mereka menuntut hak mereka karena mengajar 24 jam. Untuk tata usaha atau guru yang mendapat tugas tambahan sebagai operator dapodik apakah mendapat tunjangan?

1.  Guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diakui 24 jam. mengajar 0 jam = 24 jam.
2.  Guru dengan tugas tambahan wakil kepala diakui 12 jam. mengajar 12 jam = 24 jam.
3.  Guru dengan tugas tambahan kepala laboratorium/ perpustakaan diakui 12 jam. mengajar 12 jam = 24 jam.
4.  Guru dengan tugas tambahan operator dapodik tidak diakui jamnya sebagai operator.

Dengan sistem online ini diharapkan semua pihak harus aktif baik operator maupun guru. Karena sudah ada tugas dan tanggung jawab masing-masing menyangkut data guru. Pada dasarnya tugas operator hanya mengentri data, selebihnya guru yang berperan aktif, bukan sebaliknya semua ditanggung operator, jika ada kesalahan operator yang bertanggung jawab.

Tugas Guru Di Aplikasi Dapodik:
1.     Mengisi data pada form yang telah disediakan dan menyediakan dokumen pendukung yang diperlukan.
2.     Mengumpulkan formulir dan data pada waktu dan tempat yang telah ditentukan.
3.   Mengecek data secara berkala di situs cek tunjangan. Konfirmasi pada operator jika ada kesalahan/ kekuarangan data.

Tugas Fungsi Operator Sekolah Di Aplikasi Dapodik
1.     Tugas Operator Sekolah (OPS) adalah melakukan entry data yang bersumber dari F-SEK, F-PD, dan F-PTK yang sebelumnya telah diisi oleh pihak yang berkepentingan.
2.     Tugas operator hanya melakukan input data. Laksanakan entri data sejeli dan seteliti mungkin sesuai dengan formulir yang diisi. Jangan menyimpang dari formulir yang telah diisikan. Seandainya ada formulir yang diisi tidak benar dan tidak sesuai prosedur, koordinasikan dengan yang bersangkutan untuk proses pembetulan, jika diperlu juga harus dikonsultasikan dengan kepala sekolah.
3.     Sebelum melakukan entry data, baca dengan cermat petunjuk pengisian seperti dalam manual versi dekstop untuk meminimalisir kesalahan. Untuk data yang bersifat vital karena berhubungan dengan penerimaan tunjangan, isi dengan benar dan jangan sampai dikosongkan.
4.     Jangan hanya mengandalkan informasi dari KK-DATADIK Kabupaten/ Kota . Info dari KK-DATADIK memang PENTING, tapi akan lebih baik jika Operator Sekolah bergabung di Grup Pendataan supaya bisa mendapatkan informasi yang up to date, sekaligus bisa sharing jika menemui kendala.
5.     Beri pengertian kepada guru untuk melakukan Cek Verifikasi Data di website yang ditentukan. Ingat, Tugas Operator Sekolah hanya entri data. Seyogyanya para guru melakukan verifikasi datanya sendiri. Jika ditemukan data tidak valid, minta guru yang bersangkutan berkoordinasi dengan Operator Sekolah untuk proses pembetulan. Kalau kemudian guru tak memiliki kemampuan untuk Cek Verifikasi data, dan meminta bantuan Operator Sekolah, itu masalah lain. Tentu saja guru yang bersangkutan harus ‘mengerti’ sehingga tak ada pihak yang harus dirugikan.
6.     Untuk Honor Entri Data, semuanya telah diatur dalam Petunjuk Tekhnis. Sodorkan hal tersebut kepada Kepala Sekolah, agar Operator Sekolah mendapatkan imbalan sesuai dengan haknya. Jika hal tersebut telah dilakukan, tapi hak anda belum diperoleh, bersabarlah! Yakinlah bahwa Tuhan punya rencana lain bagi jalan rezeki Anda dengan jalan tak disangka-sangka.

Jika Tupoksi Operator Sekolah (OPS) dan guru diatas dilaksanakan, niscaya operator tidak akan terkendala dalam pengerjaan aplikasi dapodik dan tidak akan terkendala dengan guru yang menyangkut NUPTK atau tunjangan.

Perlu diingat, segala bentuk data pribadi guru merupakan tanggung jawab guru tersebut, jika data guru bermasalah dan tidak sinkron diakibatkan kesalahan dari bentuk data guru tersebut, merupakan kelalaian dari guru secara pribadi. Operator hanya mereferensikan guru agar menyelesaikan perbaikan data tersebut. (Bukan kewajiban operator yang memperbaiki ke instansi terkait).

Demikian informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id  ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

5 komentar untuk "Tugas Fungsi Operator Sekolah Agar Diketahui Guru Yang Sering Memarahi Operator Sekolah Tanpa Memberi Solusinya"

  1. Assalamualaikum. Admin mau nanya terkait info gtk. Jumlah jam saya ada yg salah sehingga info gtk saya belum valid. Jumlah jam mengajar d sekolah induk tdk muncul, yg muncul hanya tugas tambahan sebagai waka kurikulum 12 jam. senin 23 maret kemarin sudah diedit operator dapodik dan sinkronisasi. Hari ini saya cek masih belum valid. Biasanya brp hari ada perubahan ya admin? Mungkin ada saran langkah yg bisa saya lakulan selanjutnya. Terima kasih🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. bersabar sedikit ya ibu. akhir bulan baru akhir penarikan data dari dapodikoleh Info GTK
      bersabar saja dulu bu

      Hapus
  2. Anonim16:21

    Apakah tidak diperbolehkan jika guru honor merangkap menjadi staff atau operator?

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.