Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Tanya Jawab Secara Lengkap Kode Registrasi Aplikasi Dapodikdasmen Terbaru

DAPODIK.co.id - Ketahui Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Tanya Jawab Secara Lengkap Kode Registrasi Aplikasi Dapodikdasmen Terbaru.


Apakah kode registrasi berubah di versi aplikasi dapodik terbaru?
Kode registrasi di versi aplikasi dapodik terbaru tidak akan berubah. Secara default, kode registrasi sekolah tidak mengalami perubahan. Namun jika ingin mengubah kode registrasi karena sesuatu hal (keamanan data), sekolah dapat melakukannya melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Meski demikian, diharapkan hati-hati dalam me-reset kode registrasi karena aplikasi kode registrasi lama akan ditolak oleh sistem pada saat sinkronisasi.

Apa yang dimaksud dengan kode registrasi?
Kode registrasi merupakan sebuah kode unik dan rahasia yang dibuat oleh sistem sebagai kunci aktivasi plikasi Dapodik. Kode ini bersifat unik, artinya masing-masing sekolah memiliki kode registrasi yang berbeda-beda.

Apa fungsi kode registrasi?
Fungsi kode registrasi ini untuk melakukan aktivasi ketika sekolah akan memulai entri data sekolahnya. Kode ini  juga dapat digunakan untuk mengunduh data prefill dan melihat data individu sekolah di progres pengiriman laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/. Selain itu juga untuk membaca data prefill sekolah masing-masing.

Di mana sekolah saya bisa mendapatkan kode registrasi?
Cara sekolah mendapatkan kode registrasi adalah dengan menghubungi Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan(KK Datadik) di Dinas Pendidikan abupaten/Kota/Propinsi setempat.

Apa syarat mendapatkan kode registrasi?
Syaratnya mendapatkan kode registrasi adalah sekolah memiliki Nomor Pokok Sekolah  Nasional (NPSN) dan terdaftar di dalam referensi Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP-K) Kemendikbud. Apabila belum terdaftar, segera perbaharui ke  PDSP atau menghubungi dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Cek data NPSN bisa dilakukan di referensi.data.kemdikbud.go.id  >> Data Master >> pilih jenjang yang diinginkan.

Jika tidak memiliki NPSN,  apakah sekolah kami bisa mendapatkan kode registrasi?
Sekolah  tidak bisa mendapatkan kode registrasi. Solusinya adalah dengan mengurus NPSN terlebih dahulu. Setelah memiliki NPSN, otomatis bisa didaftarkan agar mendapatkan kode registrasi. Hal ini dimaksudkan agar keabsahan sekolah tersebut resmi terdaftar di Kemendikbud.

Apakah NPSN sementara dengan format NPxxxxx bisa dibuatkan kode registrasinya?
NPSN sementara bisa dibuat kode registrasinya karena itu NPSN sementara yang dikeluarkan PDSP.

Apa  yang harus dilakukan jika  lupa dengan kode registrasi sekolah?
Solusinya jika lupa dengan kode registrasi sekolah adalah bisa segera menanyakan  kode registrasi sekolahnya kepada dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

Apa  akibatnya  jika kode registrasi diketahui oleh sekolah lain/pihak lain?
Akibat  jika kode registrasi diketahui oleh sekolah lain/pihak lain maka sekolah akan menjadai petak karena data sekolah anda akan di rusaki. Untuk di ketahui bahwa kode  registrasi itu bersifat rahasia. Jadi jangan sampai diberitahukan ke sekolah lainnya karena menyangkut data masingmasing sekolah. Dikhawatirkan kalau sampai diketahui oleh sekolah/pihak lain, maka data sekolahnya akan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Apakah kode registrasi tahun ajaran baru ini sama dengan tahun sebelumnya?
Kode registrasi tahun ajaran baru sama dengan kode registrasi tahun ajaran yang lalu.  Namun jika sekolah ingin mengubah kode registrasi karena sesuatu hal, maka dapat diubah melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

Apa fungsi lain dari kode registrasi?
Fungsi lain dari kode registrasi adalah Selain untuk kode aktivasi juga dapat digunakan untuk mengunduh data prefill persekolah melalui
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/data prefill. Di samping itu juga untuk  memeriksa data individu sekolah di progres pengiriman untuk memastikan datanya  sudah sama dengan di server.

Untuk sekolah  baru, bagaimana prosedur mendapatkan kode registrasi?
Untuk sekolah baru, prosedur mendapatkan kode registrasi melalui dinas pendidikan kabupaten/kota. Ajukan nomor NPSN ke PDSP dengan melampirkan dokumen-dokumen kelengkapan administrasi perizinan sekolah dan SK izin operasional. Setelah mendapatkan NPSN maka  dapat mengajukan kode registrasi ke Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Apa akibat  bila  kode  registrasi  dipakai  oleh  dua  sekolah  atau lebih?
Akibat  bila kode registrasi dipakai oleh dua sekolah atau lebih akibatnya akan fatal. Data kedua sekolah tersebut akan bercampur menjadi satu. Ini sangat tidak dianjurkan. Karena itu, pastikan kode registrasi tersebut benar-benar milik sekolah tersebut dan  tidak diketahui oleh orang lain.
Bila sudah telanjur, solusinya adalah generate ulang prefill dan lakukan prosedur instalasi  seperti semula dengan menggunakan data prefill yang baru. Bersihkan data berganda tersebut lalu lakukan sinkronisasi. Untuk sekolah yang kedua minta ke dinasnn kabupaten/ kota untuk dibuatkan kode registrasi baru.

Apakah dapat mengubah kode registrasi?
Anda bisa mengubah kode registrasi melalui fasilitas ubah/reset kode registrasi di  dinas kabupaten/kota. Fitur  ini dimaksudkan ketika  kode registrasi diketahui oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab atau pergantian operator, maka perubahan ini dapat dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Reset kode registrasi tidak menghilangkan data. Namun yang perlu diingat, kode registrasi lama yang sudah direset tidak dapat melakukan sinkronisasi.

Kode registrasi ini apakah untuk keperluan administrasi kelembagaan?
Kode registrasi ini tidak diperlukan untuk keperluan administrasi kelembagaan. Kode  registrasi ini hanya untuk kebutuhan teknis operasional penggunaan Aplikasi Dapodik  saja, bukan sebagai nomor administratif seperti Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Peserta didik Nasional (NISN) maupun Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Demikian informasi terbaru terkait Ketahui Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Tanya Jawab Secara Lengkap Kode Registrasi Aplikasi Dapodikdasmen Terbaru kali ini, semoga bermanfaat.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


2 komentar untuk "Ketahui Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Tanya Jawab Secara Lengkap Kode Registrasi Aplikasi Dapodikdasmen Terbaru"

  1. Maaf, kenapa saat sinkron dapodik muncul tulisan "kode registrasi tidak ditemukan diserver"?
    dan saat saya coba download ulang prefill, prefill sekolah tidak ditemukan dan muncul tulisan "silahkan menggunakan laman prefill sesuai dengan wilayah sekolah anda"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. instal dapodiknya dan pake prefil dapodik 2020.b pats 1

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.