Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanya-Jawab Seputar Perangkat Lunak & Keras Yang Harus Ditaati Untuk Digunakan Pada Saat Akses Aplikasi Dapodik Versi Terbaru

DAPODIK.CO.ID - Salam jumpa kembali sahabat operator pendataan di dunia pendidikan. Beberapa hari admin tidak aktif di karenakan kesibukan, namun bukan menjadi halangan untuk senantiasi ingin berbagi. dalam benak admin bahwa rasa rindu admin akan hadir selalu lewat www.dapodik.co.id untuk memberikan yang terbaik demi kemajuan pendidikan.

Menjalankan aplikasi dapodik terbaru bukan saja melihat dari kelengkapan lokasi, ruangan, dan daya atau listrik. Hal yang paling di butuhkan oleh seorang admin atau petugas pendataan di sekolah adalah kelengkapan penunjang aplikasi.

Tanya-Jawab Seputar Perangkat Lunak & Keras Yang Harus Ditaati Untuk Digunakan Pada Saat Akses Aplikasi Dapodik Versi Terbaru

Salah satu penunjang utama adalah ketersediaannya perangkat. Perangkat yang dimaksud untuk menjalankan aplikasi dapodik adalah PC atau leptop atau computer agar pelaksanaan pendataan disekolah bisa berjalan maksimal.

Tanya-Jawab Seputar Perangkat Lunak & Keras Yang Harus Ditaati Untuk Digunakan Pada Saat Akses Aplikasi Dapodik Versi Terbaru

Berikut ini adalah pertanyaan serta admin berikan jawaban yang sudah dirangkum dari sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang beredar di media social:

1. Aplikasi Dapodik paling baik diinstall di PC atau di laptop ?

Disarankan diinstal pada laptop karena mobilitasnya lebih baik. Jika terjadi sesuatu dengan Aplikasi Dapodik, laptop bisa dibawa untuk konsultasi perbaikan data dan aplikasi.

2. Bagaimana spesifikasi hardware minimal agar lancar menggunakan Aplikasi Dapodik?
· Processor minimal Intel Core i3
· Memory minimal 4 GB
· HDD/SSD Storage minimal 128Gb
· Monitor 14Inch

3. Sistem Operasi (Operating System) apa yang paling baik digunakan untuk Aplikasi Dapodik?

Disarankan menggunakan Windows 10. Meski demikian, Aplikasi Dapodik juga dapat
berjalan di Sistem Operasi berikut ini:
· Windows 10 32 & 64 Bit

4. Peramban (Browser) apa yang paling baik digunakan untuk menjalankan Aplikasi Dapodik?

Peramban yang direkomendasikan untuk digunakan adalah Google Chrome atau Mozilla Firefox (disarankan untuk selalu melakukan pembaruan aplikasi).

5. Bagaimana cara melakukan pengaturan agar Aplikasi Dapodik dapat dibuka di peramban tersebut?

Aplikasi Dapodik berjalan di peramban bawaan (default browser) di komputer. Jadi untuk dapat membuka aplikasi melalui shortcut yang ada di desktop, silakan setting peramban yang akan digunakan sebagai peramban bawaan di komputer. Aplikasi Dapodik juga dapat diakses dengan mengetik alamat localhost di navigasi peramban.

Jika semua jawaban diatas sudah di ikuti dengan maksimal, niscaya pelaksanaan pendataan di sekolah berjalan dengan lancar tanpa mendapatkan kendala apapun.

1 komentar untuk "Tanya-Jawab Seputar Perangkat Lunak & Keras Yang Harus Ditaati Untuk Digunakan Pada Saat Akses Aplikasi Dapodik Versi Terbaru"

  1. Kenapa developer aplikasi dapodik hanya membuat untuk versi OS windows saja. Sedangkan untuk saat ini Android sudah lebih familiar dan gratis. Bagaimana juga dengan pengguna Linux, Chrome OS, dan Mac?

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.