Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Gagal Login Di Aplikasi Dapodik Terbaru

DAPODIK.CO.ID - Dengan resmi rilisnya Aplikasi Dapodik sebagai langkah menindak  lanjut penyatuhan Aplikasi Dapodik untuk jenjang Pendidikan Dasar ( Dapodik SD/ SMP/SLB) dan jenjang Pendidikan Menengah Dapodik SMA/SMK). Pada Aplikasi Dapodik terbaru ini terdapat beberapa perubahan dan pembenahan yang cukup segnifikan dalam hal referensi, registrasi, mekanisme memasukkan data GTK baru, pengaturan kurikulum dan pembelajaran. Pembenahan ini dilakukan sebagai upaya sinkronasi aturan/regulasi, prosedur dan mekanisme.

Solusi Gagal Login Di Aplikasi Dapodik Terbaru

Namun apalah dikata,  Operator Sekolah adalah juga seorang manusia biasa yang pastinya tidak memiliki kesempurnaan pengetahuan seperti  pencipta manusia yaitu Tuhan Yang Masa Esa. Oleh karena itu, ada beberapa masalah yang begitu ramai dipertanyakan dan diperbincangkan yang admin melihat diberbagai media masa, maka dalam kesempatan ini admin akan memberikan beberapa  solusi terkait permasalahan tengtang Gagal Login Di Aplikasi Dapodik Terbaru.

Silahkan simak penjelasan selengkapnya di bawah ini :

INTERMESO :
Sudah berhasil reset,
Sudah bisa login manajemen,
Sudah bisa berhasil generate prefil,
Sudah berhasil login pelaporan bos,
Sudah bisa login pembelian buku,
Dan semua yang terintegrasi SSO Dapodik.

PERTANYAANNYA :
Setelah melakukan intermeso di atas namun masih tetap gagal login ke aplikasi, apa penyebabnya ???

Masalah ini disebabkan karena ada pengguna dengan email yang SAMA pada sekolah tersebut dan statusnya aktif namun paswordnya berbeda (disebabkan dahulu pernah melakukan registrasi berkali-kali dengan email yang sama namun password beda) sedangkan pada database dapodik sekolah hanya dibatasi 1 pengguna unik (1 username/ email) sehingga ada kemungkinan pengguna dengan email yang baru saja direset itu tidak berhasil masuk karena problem duplikasi.

SOLUSI :

1.    Lakukan penonaktifan pengguna untuk sekolah tersebut (oleh operator dinas kab/kota) dan hanya menyisakan 1 pengguna aktif saja.

2.    Solusi kedua adalah tambahkan pengguna baru dengan email BARU yang belum pernah digunaka sebelumnya (ditambahkan oleh dinas kab/kota).

3.    Solusi ketiga diingat-ingat kembali semua password yang pernah digunakan sebelumnya untuk registrasi aplikasi.

Demikian beberapa solusi yang dapat admin berikan terkait masalah Gagal Login Di Aplikasi Dapodik Terbaru, semoga dapat bermanfaat.

2 komentar untuk "Solusi Gagal Login Di Aplikasi Dapodik Terbaru"

  1. Anonim10:19

    Padahal yg email yg lama sudah di non aktifkan sama dinas dan pihak dinas sendiri yg mengganti, tapi tetap saja ketika buka SSO selalu gagal karena email dan pasword tidak sesuai

    BalasHapus
  2. Anonim09:55

    email dan password sudah diganti oleh operator kabupaten tetapi ketika login sso selalu saja gagal (email atau password tidak sesuai) mohon solusinya..

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.