Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Menu SIM PKB Agar Diketahui Oleh Semua Guru (Titipan Penjelasan dari Operator Dapodik)

DAPODIK.co.id - Penjelasan Menu SIM PKB Agar Diketahui Oleh Semua Guru (Titipan Penjelasan dari Operator Dapodik). Bapak/ibu guru dimanapun anda berada, akun SIM PKB adalah sebuah akun individu yang wajib guru punya. Register akun SIM PKB ini menggunakan nomor UKG yang telah diberikan setelah guru terdata di Aplikasi Dapodik. 

Bicara fungsinya, akun SIM PKB ini mempunyai fungsi yang sangat banyak sekali mulai dari Pendaftaran Pretes PPG bagi guru yang belum sertifikat pendidik. Untuk daftar berbagai macam diklat yang diadakan Kemdikbud termasuk diklat PKP yang terbaru.

Penjelasan Menu SIM PKB Agar Diketahui Oleh Semua Guru (Titipan Penjelasan dari Operator Dapodik)

Kemudian setelah fungsi akun SIM PKB anda pahami sekarang kita bahas fungsi menu pada laman SIM PKB yang jarang dipelajari dan diketahui oleh guru. Kurangnya informasi atau tidak aktifnya guru mempelajari akun SIM PKB membuat data yang ada di dalamnya kurang sempurna. Tidak banyak juga guru yang menyerahkan akunnya ini pada operator sekolah untuk mengelolanya.


Sekarang kita pelajari menu layanan cari data GTK yang berfungsi untuk mencari informasi data guru. Dengan cara memasukan nama GTK atau Nomor UKG, Propinsi dan Kabupaten lalu pilih cari GTK. Hasilnya ini akan kelihatan seberapa valid data guru mulai dari aktif SIM PKB, terkoneksi dapodik, ajuan PPG serta keikutsertaan diklat.


Menu Registrasi Akun ini adalah untuk guru yang belum punya akun SIM PKB. Cara cari nomor UKG anda terlebih dahulu, setelah itu masukan pada registrasi dan tanggal lahir anda. Centang kode recaptha lalu pilih register. Setelah berhasil cetak data akun yang berisi username dan pasword untuk login SIM PKB.

Demikin Penjelasan Menu SIM PKB Agar Diketahui Oleh Semua Guru (Titipan Penjelasan dari Operator Dapodik). Semoga penjelasan tentang Menu SIM PKB ini bermanfaat bagi bapak dan ibu guru.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

17 komentar untuk "Penjelasan Menu SIM PKB Agar Diketahui Oleh Semua Guru (Titipan Penjelasan dari Operator Dapodik)"

  1. Selamat sore,pak saya mau tanya kenapa yang di sim pkb saya terkoneksi dapodik sinkron bulan juli 2020,padaha bulan januari saya sinkronisasi apodik lagi tp di sim pkb tidak berubah ,terimalasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sim pkb belum menarik data dari dapodik.
      di tunggu saja
      nanti berubah juga

      Hapus
    2. Saya juga begitu pak, saya singkron terakhir di sim pkb mei 2020, sementra tmen2 guru yang lain okt 2020...kira2 apa penyebab y ya? Kl data kita singkron y sering terlambat. Apakah ada pengaruhnya atau efek y bagi data gtk itu sendiri?teriamksih...

      Hapus
    3. ya, ada pengaruhnya karena data dari dapodik ke sim pkb itu butuh waktu yang lama

      Hapus
  2. Pak, TMT di SIM pkb dan TMT di dapodik tdak sinkron. Padahal operator sekolah sdah menyinkronkan dapodik buat sama dgn simpkb

    BalasHapus
    Balasan
    1. TMT di SIM pkb 3 September 2007. Sedangkan di. Dapodik 1 Juli 2011. Agar TMT di SIM pkb sinkron dengan dapodik caranya bagaimana.

      Hapus
    2. masih butuh waktu yang lama, karena penarikan data dari dapodik ke sim pkb dalam antrian

      Hapus
  3. Hallo, kak. Mau nanya, untuk mengetahui kontak operator SIM PKB kabupaten bagaimana ya, kak? Ibu saya lupa passwordnya dan belum masuk komunitas
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan menghubungi ketua komunitas

      Hapus
    2. Belum masuk komunitas, ka :(
      Bagaimana ya?

      Hapus
  4. Saya memiliki akun simpkb ganda yaitu 2015 dan 2016 tetapi saya sdh mengikuti pretes ppg dan mengikuti ppg dgn akun 2015.pada tgl 8 desember sinkron dapodik muncul lg akun 2016 dan terkoneksi dapodik..dan 2015 sudah tidak terkoneksi dengan dapodik... Bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut,apakah saya harus pakai akun yang baru atau bertahan dgn akun yang lama. Mohon solusinya

    BalasHapus
  5. bismillaah..
    min akun simpkb saya sinkron terakhir sjak 2019 knp sampai sekarang blm terupdate ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. data saya masih data lama. padahal di dapodik sudah sinkron..

      Hapus
    2. masukan saja data yang baru

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.