About us

Kumpulan Modul Penguatan Kepala Sekolah Terbaru

Inovasi menjadi kunci paling utama di era Industri 4.0 yang menuntut kepala sekolah membentuk peserta didik memiliki kompetensi abad 21 yang mampu berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Peserta didik yang berkualitas merupakan keluaran (output) dari sistem persekolahan yang baik. kepala sekolah menjadi aktor utama yang mengelola masukan (input), proses, dan keluaran (output) dengan berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Kumpulan Modul Penguatan Kepala Sekolah Terbaru
Kumpulan Modul Penguatan Kepala Sekolah Terbaru
Kepemimpinan abad 21 bagi kepala sekolah dapat dilakukan dengan beberapa strategi yaitu:
1.    Pertama, kepala sekolah harus mampu melihat peluang dan potensi yang ada dengan mengidentifikasi masalah di sekolahnya sebagai dasar pengembangan sekolah. Yang terpenting bagi kepala sekolah adalah pelibatan secara aktif pemangku kepentingan (stakeholders) sekolah yaitu guru, tenaga kependidikan, peserta didik dan orangtua serta pihak terkait di luar sekolah untuk menyelesaikan persoalan sekolah.

2.    Kedua, kepala sekolah dalam perannya sebagai supervisor harus mampu berperan sebagai pemimpin instruksional dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran abad 21 sesuai dengan konsep pendekatan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills).

3.    Ketiga, kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan abad 21 harus mampu mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan di sekolah baik guru, tenaga kependidikan, maupun orangtua untuk bersama-sama mewujudkan pendidikan yang dinamis sesuai dengan perkembangan industri 4.0.

4.    Keempat, kepala sekolah harus memberikan dukungan semangat dan penghargaan kepada guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik yang telah mencapai hasil atas prestasi, inovasi, dan pencapaian lain yang membanggakan.
Modul ini berisi panduan sekaligus salah satu referensi yang dapat digunakan untuk memandu kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi dan profesinya pada pelaksanaan pelatihan penguatan kepala sekolah sebagai salah satu syarat untuk menduduki jabatan kepala sekolah.

Modul ini terbuka untuk mendapatkan koreksi dan masukan-masukan konstruktif sebagai penyempurnaan di masa yang akan datang. Modul ini disusun dengan mengintegrasikan kecakapan abad 21 yakni literasi, PPK, 4C (critical thinking, creativity, collaborative, and communication) dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS).

Modul ini dilengkapi dengan bahan bacaan yang mendukung pembelajaran TIK untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam memanfaatkan TIK di sekolah. Oleh karena itu, Saudara dapat menggunakan bahan bacaan yang disediakan tersebut saat melakukan aktivitas latihan.

Untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti kegiatan Penguatan Kepala Sekolah, dalam kesempatan ini, admin membagikan Modul Penguatan Kepala Sekolah Terbaru. Modul-modul tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.












·         Modul Kepemimpinan Perubahan



Demikian Yang Dapat Admin Bagikan Secara Gratis Tentang Kumpulan Modul Penguatan Kepala Sekolah Terbaru, semoga membantu. Terima kasih

Jika kurang jelas dan ada pertanyaan bisa anda tanya pada kolom komentar. Untuk dapat mengikuti berita terbarua dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler khusus dunia pendidikan.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Modul Penguatan Kepala Sekolah Terbaru"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel