Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat, Ini Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Untuk Karir Anda Sebagai Pendidik

DAPODIK.CP.OD - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhirnya melegalkan sarjana non kependidikan  untuk menjadi guru profesional. Ke depan sarjana lulusan di luar FKIP (fakultas keguruan dan ilmu pendidikan) itu bersaing dengan sarjana yang empat tahun mengenyam kuliah kependidikan. 

Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Untuk Karir Anda Sebagai Pendidik

bijakan membuka akses bagi sarjana non kependidikan untuk menjadi guru ini tertuang dalam Permendikbud 87/2013 tentang Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG). Sarjana dari fakultas non FKIP itu bebas mengajar mulai dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA/sederajat.

Sarjana non kependidikan juga diwajibkan mengikuti saringan masuk PPG selayaknya sarjana kependidikan. Meskipun aksesnya dibuka setara dengan lulusan FKIP, sarjana non kependidikan wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi dulu sebelum menjalani PPG. Sedangkan untuk sarjana FKIP yang linier atau sesuai dengan matapelajaran yang bakal diampu, tidak perlu mengikuti program matrikulasi itu. Khusus untuk sarjana yang bakal mengajar di jenjang SMP dan SMA/sederajat, tidak ada perlakukan berbeda bagi lulusan kependidikan maupun non kependidikan ketika mengikuti PPG. 

Mereka diwajibkan untuk mengikuti PPG dengan bobot atau beban belajar sebanyak 36 hingga 40 SKS. Menurut Sulistiyo sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Kemendikbud harus bisa menanggung risiko jika membuka akses luas kepada sarjana non kependidikan untuk menjadi guru profesional. Guru adalah profesi khusus, sehingga pendidikannya juga khusus dalam waktu yang cukup.

PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) diharapkan kompetensi dan profesionalisme guru benar-benar lebih terjamin dengan menjalani masa pendidikan selama 2 semester atau 1 tahun. PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) berlaku bagi yang ingin menjadi guru baik sarjana dari fakultas pendidikan, maupun non pendidikan.

Catat, Ini Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Untuk Karir Anda Sebagai Pendidik

1. Meningkatkan 60% Peluang Untuk Terangkat Menjadi PNS/ASN

Berdasarkan Permen PAN-RB tahun 2018 dijelaskan bahwa : " Pendaftar formasi umum jabatan Guru yang memiliki sertifikat pendidik yang dikeluarkan Kementrian pendidikan dan kebudayaan, tidak diperlukan mengikuti seleksi kompetensi Bidang". Dengan artian lain peserta CPNS yang lolos SKD dan mempunyai setifikat pendidik yang diperoleh dari PPG mendapat point penuh untuk seleksi Kompetensi Bidang tanpa harus tes SKB. Karena hitungan Point Tes CPNS 40 % SKD dan 60% SKb berabrti anda yang sudah mengikuti PPG sudah mengantongi 60% peluang untuk lulus dan menjadi PNS.

2. Mendapat Ilmu dan Gelar Tambahan

Pendidikan Profesi Guru bagi anda yang mengikutinya tentu akan di bekali dengan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang tenaga pendidik yang handal. Pendidik akan difokuskan pada materi bagaimana mengefektifkan pembelajaran melalui bimbingan praktek lapangan selama 6 bulan.

Anda akan dibimbing oleh tenaga ahli yang sudah professional dibidangnya tentang metoted, pendekatan, model pembelajran, teknik sampai ke pada tahap dasar sebagai pendidik yaitu bagaimana menyusun RPP yang baik dan benar.
Selain itu bagi and ayang telah menyelesaikan studi PPG ini, nantinya akan memperoleh gelar tambahan yaitu gelar.

3. Mempermudah Urusan Sertifikasi

Lebih jauh dalam jalan karir seorang pendidik adalah tunjangan khusus berupa sertifikasi. Sertifikasi atau sering dikonotasikan sebagai doubel gaji merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah kepada para guru.

Salah satu syarat bagi para pendidik baik itu PNS ataupun Honorer adalah mempunyai sertifikat pendidik. Dimana sertifikat pendidikan hanya dapat diperoleh setelah mengikuti PPG (pendidikan profesi keguruan). Jadi mau tidak mau seroang pendidik pasti mengikuti PPG.

4. Peluang lapangan Kerja lebih Banyak

Skill dan pembuktian de jure melalui gelar Gr yang anda terimah sebagai bukti telah menyelesaikan Studi Profesi Guru (PPG) dapat meningkatkan prospek peluang kerja untuk anda yang belum yang Non-PNS.

Misalnya dengan setifikat pendidik yang anda pegang dapat digunakan untuk mendaftar Sebagai GGD dan SILD. GGD adalah singkatan untuk guru garis depan yaitu pendidik yang ditempatkan di daerah 3T. Sementara itu SILD adalah singkatan dari Sekolah Indonesia di Luar Negeri, anda bisa mengabdikan diri anda untuk mengajar di luar negeri.

14 komentar untuk "Catat, Ini Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Untuk Karir Anda Sebagai Pendidik"

  1. As wr wb bergabung disini karna saya sudah hampir 9 tahun mengapdi di paud atau kb sejenis tk ingin mendaat keadilan yaitu daat sertifikasi karna ikut pppk tidak ada bagi lembaga paud terimaksih

    BalasHapus
  2. min, mau izin bertanya, saya baru tamat kuliah tahun ini jurusan penjas , tapi saya sudah mengajar dari tahun 2018 menggunakan ijazah SMA, SK nya dari sekolah dan sudah masuk dapodik, apakah saya bisa mengikuti program PPG prajabatan yang kuliahnya 2 smester itu? tapi nama saya sudah ada didapodik min, apakah itu akan menjadi masalah atau gimana min?. terimakasih mohon pencerahannya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah saya bisa mengikuti program PPG prajabatan yang kuliahnya 2 smester itu?
      PPG prajabatan digunakan bagi guru yang lulus ukg bukan untuk kulia

      Hapus
  3. Assalamualaikum
    Syarat untuk ikut PPG harus terdaftar di dapodik minimal berapa tahun ya

    BalasHapus
  4. min mau tanya, kalau terdaftar di dapodik sejak 2016 tapi sampai sekarang status masih GTT atau honorer sekolah apakah sudah bisa mengajukan NUPTK??? makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengajuan NUPTK akan secara otomatis, cek saja di verval GTK

      Hapus
  5. Anonim22:30

    Kalau misalnya saya lulus dari ppg prajabatan kemudian saya honor di satu sekolah apakah saya bisa mengurus sertifikasi+tunjangan saya? Brp kah kisaran gaji saya, maaf banyak bertanya, saya masih bingung

    BalasHapus
  6. Saya sudah terdaftar dapodik sebagai guru PKWU, tetapi memilih PPG mata pelajaran Ekonomi. Karena yang linier dengan ijazah saya ekonomi. Bagaimana untuk kedepannya apakah dapodik saya tetap dihitung atau harus pindah institusi dihitung mulai dari awal lagi?

    BalasHapus
  7. Min kapan jurusan pendidikan kriya dibuka, masa kita yg lulus dijurusan yang diselenggarakan pemerintah tidak bisa mengikuti kuliah PPG mohon pencerahannya

    BalasHapus
  8. Anonim21:57

    Saya bersertifikat pendidik dari kemenag apakah bisa mutasi ke dinas serdiknya

    BalasHapus
  9. Anonim20:59

    Maaf admin, mohon info pentingnya, apakah dengan mengikut ppg dalam jabatan maka guru swasta mendapatkan tambahan nilai skb seperti para lulusan ppg prajab? Terima kasih

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.