Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Gerakan Literasi Sekolah Edisi Revisi

Literasi tidak sekedar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup.

Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik memengaruhi tingkat keberhasilannya, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Hal yang paling mendasar dalam praktik literasi adalah kegiatan membaca. Keterampilan membaca merupakan fondasi untuk mempelajari berbagai hal lainnya. Kemampuan ini penting bagi pertumbuhan intelektual peserta didik. Melalui membaca peserta didik dapat menyerap pengetahuan dan mengeksplorasi dunia yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Membaca memberikan pengaruh budaya yang amat kuat terhadap perkembangan literasi peserta didik. Sayangnya, sampai saat ini prestasi literasi membaca peserta didik di Indonesia masih rendah, berada di bawah rata-rata skor internasional.

Rendahnya literasi membaca tersebut akan berpengaruh pada daya saing bangsa dalam persaingan global. Hal ini memberikan penguatan bahwa pembiasaan wajib baca sangat penting diterapkan dalam pendidikan di Indonesia untuk masa depan generasi penerus bangsa.
 
 Program Gerakan Literasi Sekolah Edisi Revisi
 Program Gerakan Literasi Sekolah Edisi Revisi
Didalam Program Gerakan Literasi Sekolah Edisi Revisi Ini Terdapat 5 Bab Yaitu:

1.   BAB I PENDAHULUAN
2.   BAB IIPELAKSANAAN LITERASI TAHAP PEMBIASAAN
3.   BAB IIIPELAKSANAAN LITERASI TAHAP PENGEMBANGAN
4.   BAB IV PELAKSANAAN LITERASI TAHAP PEMBELAJARAN
5.  BAB V PENUTUP

Rendahnya minat baca sebagian besar masyarakat Indonesia akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan sumber daya manusia Indonesia di masa yang akan datang. Kepedulian berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk meningkatkan minat baca seluruh warga negara Indonesia khususnya para peserta didik sebagai bagian generasi penerus bangsa. Penyusunan program gerakan literasi sekolah merupakan salah satu upaya meningkatkan minat baca peserta.

Semoga program gerakan literasi sekolah tahun pelajaran ini dapat terlaksana dengan efektif sehingga mampu meningkatkan out put sumber daya manusi dari lingkungan sekitarnya dalam menghadapi tantangan perkembangan jaman.

Selengkapnya, Silahkan Unduh Gratis Program Gerakan Literasi Sekolah Edisi Revisi.

Posting Komentar untuk " Program Gerakan Literasi Sekolah Edisi Revisi"