Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Dapodik Versi 2021. c, Penjelasan Serta Download Aplikasi Dapodik 2021. c

DAPODIK.CO.ID - Aplikasi Dapodik Versi 2021. c, Penjelasan Serta Download Aplikasi Dapodik 2021. C. Tim Dapodikdasmen pusat sementara menyelesaikan proses pengujian Aplikasi Dapodik versi baru, yaitu dapodik versi 2021.c. Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021.c terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa.

 


Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan juga upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Disampaikan bahwa dalam rangka pemutakhiran data pokok pendidikan (Dapodik), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah telah melakukan integrasi dan pemutakhiran aplikasi dapodik versi 2021.c yang akan digunakan untuk pengumpulan data semester 2 tahun ajaran 2020/2021. 


Adapun perubahan dan pembaruan terkait aplikasi dapodik versi 2021.c sebagai berikut:

·         [Pembaruan] Penambahan isian variabel apakah pernah PAUD Formal dan apakah pernah PAUD Non Formal pada registrasi peserta didik.

·         [Pembaruan] Penambahan isian variabel hobby dan cita-cita pada registrasi peserta didik.

·         [Pembaruan] Penambahan validasi variabel yang wajib diisi (mandatory) pada formulir peserta didik untuk kebutuhan Assesmen Nasional (berlaku selain jenjang PKBM dan SKB).

·         [Pembaruan] Penambahan tabulasi Kamar Mandi/WC pada menu Sarpras-Ruang.

·         [Perbaikan] Penutupan tambah peserta didik baru untuk jenjang PKBM dan SKB.

·         [Perbaikan] Perubahan prosedur pemetaan anggota rombel untuk jenjang PKBM dan SKB (mengikuti jenjang formal).

·         [Perbaikan] Perubahan filter pemilihan Ruang pada rombongan belajar Daring untuk jenjang PKBM dan SKB.

·         [Perbaikan] Penutupan tambah GTK baru bagi SILN, sekolah dibawah naungan KEMENAG dan wilayah daerah khusus.

·         [Perbaikan] Pelepasan validasi lokal terkait pengecekan inputan NIK untuk peserta didik.

·         [Perbaikan] Perbaikan pada isian tingkat pendidikan bagi sekolah Pratama Widya Pasraman (sekolah dibawah naungan KEMENAG).

·         [Perbaikan] Bugs fixing pada saat proses lanjutkan semester untuk kelas 13 pada jenjang SMK.

 

Catatan bahwa aplikasi dapodik versi 2021.c berupa installer, diharapkan kepada setiap satuan pendidikan untuk uninstall terlebih dahulu versi sebelumnya. 

 

Selanjutnya bagi segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah agar segera menugaskan Petugas pendataan untuk melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodik versi 2021.c dan melakukan pemutakhiran data semester 2 tahun ajaran 2020/2021. Bagi PAUD dan pendidikan kesetaraan pemutakhiran data untuk program BOP dilakukan paling lambat pada Minggu, 28 Februari 2021 dengan tetap menjaga kualitas data. 

 

Link Download Aplikasi Dapodik 2021. C (klik disini)

 

Demikian Informasi Terbaru Terkait Aplikasi Dapodik Versi 2021. c, Penjelasan Serta Download Aplikasi Dapodik 2021. c. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.