Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi JJM Guru Bahasa Inggris di SD Pada Aplikasi Dapodik Terbaru

DAPODIK.CO.ID - Cara Mengisi Cara Mengisi JJM Guru Bahasa Inggris di SD Pada Aplikasi Dapodik  Banyak pertanyaan terkait cara pengisian Guru matapelajaran bahasa inggris dengan menjadi kendala oleh operator sekolah (OPS).

Mengisi JJM Guru Bahasa Inggris di SD Pada Aplikasi Dapodik Terbaru

Sebagaimana diketahui bahwa guru bahasa inggris di Sekolah Dasar (SD) di kurikulum sudah tidak ada lagi mata pelajaran bahasa inggris sedangkan di sekolah ada guru bahasa inggris, bagaimana Cara Mengisi JJM Guru Bahasa Inggris di SD Pada Aplikasi Dapodik dan bagaimana solusinya dalam aplikasi pendataan dapodik?

Sekolah bisa memasukkan jam belajar guru tersebut kedalam studi "Muatan lokal Potensi Daerah" untuk jam mengajar, silakan penuhi sesuai Jam belajarnya dan apabila disekolah tersebut belum memenuhi jam belajar yang ditargetkan bisa dimasukkan ke sekolah lain (mengajar ditempat lain) tetapi perhatikan sekolah induknya karna program akan membaca jumlah jam mengajar secara otomatis sesuai NUPTK walaupun beda sekolah.

Demikian Cara Mengisi JJM Guru Bahasa Inggris di SD Pada Aplikasi Dapodik dan admin memberikan bonus sebagai pertanyaan dari sahabat-sahabat operator sekolah, semoga bermanfaat.

Unduh Cara Mengisi JJM Guru Bahasa Inggris di SD Pada Aplikasi Dapodik.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

77 komentar untuk "Cara Mengisi JJM Guru Bahasa Inggris di SD Pada Aplikasi Dapodik Terbaru"

  1. Permisi, jika sekolah induk saya di smp, lalu jam saya mengajar kurang, sedangkan saya juga mengajar bahasa inggris di SD apakah jamengajar saya di SD bisa terhitung untuk syarat sertifikasi 24 jam? Mohon arahannya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa di akui karena berbeda jenjang, kalo di SMP harus ambil jam di SMP juga.
      Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada
      pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang
      tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita
      terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
      akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita
      terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

      Hapus
  2. Sya jurusan bhs inggris dan sertifikasi bhs inggris, Sekolah induk saya di sd, kalau saya dimasukkan sbgai guru mulok potensi daerah, apakah jam saya terhitung linier?
    Karena sya cek di info gtk, ketika saya masih jadi wali kelas, jam linier saya masih kosong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah di SD sebagai guru mapel atau guru kelas?

      Hapus
    2. Penikmat hujan, status kita sama dengan permasalahan yg sama.kalo berkenan kita bisa sharing.bisa minta alamat email?

      Hapus
    3. Slmat malam admin. Saya mngajar di sd. Sertfkat saya guru bhasa inggris. Apakah linear jika saya masukkan ke muatan lokalnya bhasa inggris, mhon pncrhan admin

      Hapus
    4. pastinya pasti tidak linear

      Hapus
  3. saya adalah guru pns yang mengajar mapel bahasa inggris sebagai muatan lokal potensi daerah di sd sebanyak 24 jam pelajaran dalam seminggu,dengan latar belakang pendidikan S1 bahasa inggris dan memegang sertifikat pendidik bidang studi bahasa inggris. Kepala Daerah kami juga sudah menerbitkan Surat Keputusan yang menyatakan pelajaran bahasa inggris sebagai muatan lokal potensi daerah sejak tahun 2015 dan operator sekolah saya juga sudah menginput jam pelajaran bahasa inggris di pelajaran wajib tambahan muatan lokal potensi daerah (bahasa inggris) sebanyak 24 jam perminggu pada aplikasi dapodik dengan kode mapel 300312900. Jadi pertanyaan saya apa yang menyebabkan data saya belum valid ? Apa yang menyebabkan jam pelajaran saya linear ?status data kelulusan di info gtk tertulis kode 19 (telah memiliki beban minimal 24 jam tatap muka dalam 1 jenis mata pelajaran namun tidak sesuai dengan sertifikat yang dimiliki. jika memiliki ijazah s1 yang sesuai dengan mapel yang diampu silahkan memverifikasi melalui dinas pendidikan ) dan saya sudah memverifikasi nya dengan membawa ijazah S1 bahasa inggris saya. tolong berikan solusi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah tahun 2019, dengan menggunakan mapel bahasa inggris sebagai muatan lokal potensi valid? dan menerima uangnya ?

      Hapus
    2. Apakah ada kemungkinan peraturan kepala daerahnya yg harus terbaru karena sudah kadaluarsa

      Hapus
    3. peraturan apanya?

      Hapus
  4. Anonim21:19

    Iya valid, dengan terseok seok..dan semester ini kembali terkendala. Minta tolong solusi nya.

    BalasHapus
  5. Anonim15:06

    Saya Guru Bahasa Inggris di SD, Mengajar Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan memiliki Sertifikat Pendidik Bahasa Inggris.
    Saya Guru PNS Gol. IIa.
    Pertanyaan :
    apakah saya saya bisa mendapatkan Tunjangan sertifikasi setelah saya menginput jjm 24 sebagai muatan lokal potensi daerah ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung pengajuan operator dinas. tapi masih di lihat juga syaratnya

      Hapus
  6. Anonim15:13

    Saya Guru Bahasa Inggris di SD, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Mengajar Mapel Bahasa Inggris dan Memiliki Sertifikat Pendidik Bahasa Inggris. Saya mengajar bahasa Inggris sebagai Muatan lokal Potensi Daerah sebanyak 24 jam / minggu.

    Saya Guru PNS Gol. IIA
    Pertanyaan :
    Apakah saya bisa mendapatkan Tunjangan Sertifikasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung pengajuan operator dinas. tapi masih di lihat juga syaratnya

      Hapus
  7. Bisakah saya dibuatkan NUPTK KARNA saya guru mulok bahasa inhhris di sekolah dasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengajuan NUPTK harus dikerjakan oleh operator sekolah tempat bekerja

      Hapus
  8. selamat malam bapak .. sd guru swasta di bandar lampung. saya sudah impassing. .data kami blm valie smpai detik ini .sedangkan guru kelas sdh mulai crosscek ke2, cara pengisian sdh benar .seb muatan lokal potensi daerah, mapel wajib. tetapi di info gtk beban mengajar 0. mohon petunjuknya bapak.jikalau ada solusinya 😇😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap menunggu saja kalau benar datanya di dapodik sudah benar

      Hapus
    2. Selamat malam, terkhusus bagi bapak/ ibu guru yang mengajar di sd swasta lampung, sampai detik ini juga dapodik saya, sebagai guru muatan lokal potensi daerah : bahasa inggris belum valid,jam linear masih 0, padahal entrian nya sama saja dengan semester terdahulu.
      Banyak kawan kawan operator sekolah lain di group fb operator dapodikdasmen indonesia nyuruh nunggu aja karena masih perbaikan / pengumpulan data.harap harap cemas, mudahan cepat valid, amin.
      ariefrakhmanhakim19840405@ gmail.com, ini alamat email saya, siapa tau ada kawan kawan guru bahasa inggris sd yang mau sharing soal pengisian dapodik.

      Hapus
    3. tetap menunggu saja kalau benar datanya di dapodik sudah benar

      Hapus
  9. assallamualaikum, saya guru SD di kalimantan, Saya s1 bahasa inggris juga sertifikasi bahasa inggris tp ditugaskan (SK PNS) guru kelas. apakah seperti kami ini bisa valid seperti yang bapak jelaskan di postingan ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. otomatis tidak valid kalau begitu

      Hapus
    2. Walaupun dimasukan jg mengajar mulok?

      Hapus
    3. iya, karena ijasa dan tugas mengajar tidak linear

      Hapus
    4. Oo begitu, terima kasih infonya...

      Hapus
  10. Ada info teman2 guru mulok bahasa Inggris sd di Bengkalis Riau sudah valid.

    BalasHapus
  11. Saya guru b.inggris sd di medan. Ijazah dan serdik b.inggris. status data 19. JJM 24 tapi kok blm valid info gtk saya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau datanya di dapodik sudah lengkap, tinggal menunggu saja

      Hapus
  12. Anonim21:20

    saya adalah guru KKI di DKI Jakarta yang mengajar mapel bahasa inggris sebagai muatan lokal potensi daerah di sd sebanyak 24 jam pelajaran dalam seminggu,dengan latar belakang pendidikan S1 bahasa inggris dan memegang sertifikat pendidik bidang studi bahasa inggris. Kepala Daerah kami juga sudah menerbitkan Surat Keputusan yang menyatakan pelajaran bahasa inggris sebagai muatan lokal potensi daerah sejak tahun 2015 dan operator sekolah saya juga sudah menginput jam pelajaran bahasa inggris di pelajaran wajib tambahan muatan lokal potensi daerah (bahasa inggris) sebanyak 24 jam perminggu pada aplikasi dapodik dengan kode mapel 300312900. Jadi pertanyaan saya apa yang menyebabkan data saya belum valid sejak tahun 2019 ? Apa yang menyebabkan jam pelajaran Bahasa Inggris di SD tidak linear ?status data kelulusan di info gtk tertulis kode 19 (telah memiliki saya adalah guru pns yang mengajar mapel bahasa inggris sebagai muatan lokal potensi daerah di sd sebanyak 24 jam pelajaran dalam seminggu,dengan latar belakang pendidikan S1 bahasa inggris dan memegang sertifikat pendidik bidang studi bahasa inggris. Kepala Daerah kami juga sudah menerbitkan Surat Keputusan yang menyatakan pelajaran bahasa inggris sebagai muatan lokal potensi daerah sejak tahun 2015 dan operator sekolah saya juga sudah menginput jam pelajaran bahasa inggris di pelajaran wajib tambahan muatan lokal potensi daerah (bahasa inggris) sebanyak 24 jam perminggu pada aplikasi dapodik dengan kode mapel 300312900. Jadi pertanyaan saya apa yang menyebabkan data saya belum valid ? Apa yang menyebabkan jam pelajaran saya linear ?status data kelulusan di info gtk tertulis kode 19 (telah memiliki beban minimal 24 jam tatap muka dalam 1 jenis mata pelajaran tapi tidak linear dengan sertifikat (linaer S1) verifikasi manual oleh Dinas Pendidikan) dan saya sudah memverifikasi nya dengan membawa ijazah S1 bahasa inggris dan sertifikat pendidik. Apakah sertifikat Pendidik Bahasa Inggris saya di SD atau SMP sama atau beda?. tolong berikan solusi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim06:04

      verifikasi manual maksudnya disini lebih ke permendikbud no, 16 tahun 2019 tentang liniearitas, jadi baru bisa dikatakan valid. jika bapak sudah memiliki ijasah s1 psikologi atau pgsd walaupun serdiknya Bahasa Inggris. karena pada dasarnya hanya itu yang diakui pada penataan liniearitas tersebut.
      jadi yang dibawa bukan hanya guru ijasah dan serdik b.ingg tapi juga ijasah pgsd/psikologi.

      Hapus
  13. selamat sore pak, saya guru kelas di SD sejak tahun 2014 lalu, saya lukusan s1 Pendidikan Bahasa Inggris, saat ini saya lolos seleksi PPG angkatan 4, waktu itu saya ikut pretest sesuai dengan Ijazah yaitu mapel Bahasa Inggris. pertanyaan saya, apa yang harus saya lakukan untuk bisa menjadi linear ? apakah dengan menjadi guru kelas saya bisa tetap menerima tunjangan sertifikasi nantinya, atau kah status guru kelas harus diubah menjadi guru mapel Bahasa Inggris SD ? jika saya harus menjadi guru mapel bahasa inggris apakah nanti akan diakui ? krna tahun belakangan ini pelajaran bahasa inggris sudah dihapuskan dari jenjang SD. trmksh sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah dengan menjadi guru kelas saya bisa tetap menerima tunjangan sertifikasi nantinya,
      tidak akan menerima

      Hapus
  14. Saya S1 Bahasa Inggris, belum serdik, mengajar Bahasa Inggris di SD. Apakah bisa didaftarkan di dapodik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. statusnya PNS atau non PNS?

      Hapus
    2. memiliki sk apa?
      sk sekolah, sk dinas atau sk bupate?

      Hapus
    3. Maaf min pertanyaan saya juga sama lantas harus SK apa baru bisa masuk dapodik?

      Hapus
    4. harus SK YAYASAN, SK DINAS atau SK BUPATI

      Hapus
  15. Balasan
    1. berari tidak bisa di masukan ke dapodik karena syaratnya tidak memenuhi

      Hapus
  16. Anonim13:01

    Saya S1 bahasa inggris mengajar bahasa inggris di SD baru beberapa minggu, apakah kedepanya bisa masuk dapodik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kedepannya bisa jika memiliki sk pengangkatan dari pejabat yang bersangkutan

      Hapus
  17. Saya ijasah bhs inggris ngajar di sd apakah seandainya saya memiliki serdik itu akan dibayarkan?

    BalasHapus
  18. Selamat pagi, saya lulusan UT bahasa inggris Dan alhamdulillah lulus UKMPPG angkatan 4 bahasa Inggris thn 2021 ini Dengan status masih Honorer .pertanyaan saya
    1. Apakah saya linier jika mengajar Bahasa Inggris di SD? Atau Harus pindah sekolah SMP sementara di SMP tempat saya itu rata2 udah penuh Dengan guru Bahasa Inggris yg pun ya serdik.
    2. Apakah saya Linier jika saya punya Serdik Bahasa Inggris mengajar Guru kelas , Karena saya juga lagi menyiapkan kuliah S1PGSD jika nanti saya selesai S1 PGSD ,apakah berlaku serdik Bahasa Inggris saya jika nantinya jadi guru kelas ?
    Mohon infonya

    Terimakasih

    BalasHapus
  19. jawaban:
    1. linier jika di tempat mengajarnya ada mapel bahasa inggris
    2. Serdik Bahasa Inggris tidak ada guru kelas, yang ada hanyalah guru mata pelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud saya ,sekarang saya lagi kuliah PGSD 3 semester Bidang Ilmu masukan Dari S1 bahasa Inggris , apakah nanti setelah selesai kuliah PGSD itu , jika saya Ngajar jadi guru kelas di SD apakah , serdik saya bisa linier Dan berlaku ?

      Hapus
    2. nantinya akan di setarakan sesuai ijaza terakhirnya

      Hapus
    3. Ini saya Ngajar di SD, kalo saya input Ngajar belajar bahasa inggris di SD 24 jam apa bisa cair serti sayaaa

      Hapus
    4. apakah di sekolah itu memiliki pembelajaran bahasa inggris? jika ada maka akan dipastikan memenuhi jam mengajar

      Hapus
    5. Berarti kalo Ada jam mengajar 24 jam bahasa inggris di SD saya mengajar berarti bisa terbayarkan ya tunjangan profesi saya

      Hapus
  20. Apakah guru bahasa inggris yg mengajar di sekolah SD tidak bisa terdaftar di dapodik, saya Spd bahasa inggris sudah mengajar sekitar 1 tahun mengajar bahasa inggris kelas 1-6 setiap kelas ada 2 kelas A dan B apakah saya sudah bisa di daftarkan di dapodik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah guru bahasa inggris yg mengajar di sekolah SD tidak bisa terdaftar di dapodik?
      saya lulusan S.pd bahasa inggris sudah mengajar sekitar 1 tahun mengajar bahasa inggris kelas 1-6, setiap kelas ada 2, kelas A dan B apakah saya sudah bisa di daftarkan di dapodik?
      Menurut keterangan operator sekolah, saya tidak bisa di daftarkan di dapodik di karenakan mata pelajaran bahasa inggris hanya muatan lokal, sya ingin terdaftar di dapodik sya harus kuliah lgi PGSD, apakah benar seperti itu?
      mohon solusinya, terimakasih.

      Hapus
    2. daftar di dapodik harus persetujuan dinas

      Hapus
  21. selamat pagi admin ,boleh bertanya
    Didapodik saya guru kelas SD ,namun izasah saya bahasa Inggris ,bolehkah saya ikut ppg ,kalo boleh ppg guru kelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus linear antara ijazah dan jenis ptknya baru bisa sim pkb

      Hapus
  22. Pertanyaan min, apakah Tunjangam sertifikasi saya bisa cair apabila mengajar di SD Swasta dengan kurikulum sekolah penggerak?
    Sya guru swasta bahasa inggris, baru saja sertifikasi tahun 2021.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurikulum sekolah penggerak maksudnya gimana?

      Hapus
    2. Kurikulum terbaru min, dimana Mapel Bahasa Inggris sudah ada sbg Mata Pelajaran Pilihan.
      Saya mengajar disana sbg Guru Mapel Bahasa Inggris, apakah JJM saya bisa dihitung untuk tunjangan sertifikasi ya min?

      Hapus
    3. apakah JJM saya bisa dihitung untuk tunjangan sertifikasi ya min?
      akan dihitung

      Hapus
  23. Min mau tanya saya sebagai guru mapel bhs ingg sebagai mulok di sekolah dasar negeri, apakah bisa terdaftar di dapodik dengan SK kepala sekolah saja ?

    BalasHapus
  24. Selamat malam Min...
    Mohon pencerahannya, saat ini saya sebagai guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SD kelas 1 - 6 mengajar 12 kelas,
    Tahun 2021 saya lolos seleksi PPG Angkatan 4. Apakah ada kemungkinan untuk bisa menerima TPG ?
    Trmksh sblmnya 🙏

    BalasHapus
  25. Anonim10:47

    Selamat siang min
    Mau nanya lagi nih...

    Utk mengisi Jam Bahasa Inggris di SD dimasukkan ke muatan lokal potensi daerah, itu untuk jenis jamnya, tambahan atau wajib tambahan ya ? Dimenu tidak ada pilihan utk itu min. Kalau saya buat wajib tambahan boleh tidak ya?

    BalasHapus
  26. Anonim20:45

    seharusnya kemendikbud harus peduli nasib2 guru bahasa inggris yg serdiknya bahasa inggris tetapi basih banyak yg mengajar di SD dan terkendala dngan syarat linieritas.
    problemnya bermacam2.

    BalasHapus
  27. Anonim06:30

    Min saya mngajar di sekolah swasta SLB nah di SLB itu ada 3 jenjang yaitu SDLB,SMPLB dan SMALB apakah jam saya bisa diakui jika saya mengajar bhs.inggris disemua jenjang itu min

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.