Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Aplikasi Geisa Client Terkoneksi Aplikasi Dapodikdasmen

Salam jumpa sahabat operator sekolah dimanapun anda berada, bagi yang sering membaca artikel dari DAPODIK.co.id anda dikatakan selamat karena artikel-artikel yang disajikan oleh sesuai informasi terupdate dan dijamin tidak sekalipun kami membuat artikel-artikel HOAK.

Cara Instal Aplikasi Geisa Client Terkoneksi Aplikasi Dapodikdasmen

Cara Instal Aplikasi Geisa Client Terkoneksi Aplikasi Dapodikdasmen
Cara Instal Aplikasi Geisa Client

Pada kesempatan kali ini, admin memberikan aplikasi baru yang lahir pada hari ini. Aplikasi ini disebut dengan Aplikasi Geisa Client, General Equipt and Integrated System of Attendance, dapodik, sim kehadiran guru atau absen online dan sim tunjangan.

Aplikasi Geisa Client berada di tengah-tengah, diantara Mesin Finger Print X100C, Aplikasi Dapodik, dan Server Geisa yang berada terpusat (di Jakarta). Server Geisa bertugas untuk mengumpulkan seluruh data log absensi guru yang berasal dari Aplikasi Geisa Client, kemudian data log absensi guru yang sudah sukses terkirim akan diproses dan terintegrasi dengan aplikasi lainnya seperti DHGTK, SIMTUN dan lain-lain.

Cara Instal Aplikasi Geisa Client Aplikasi Geisa Client, General Equipt and Integrated System of  Attendance, bagi sahabat-sabat operator sekolah yang ingin mengetahui link dari Aplikasi Geisa online tersebut, silahkan klik saja link ini: http://geisa.online , login menggunakan user name dan paswoard dapodik.

Peneting: sahabat-sahabat operator sekolah harus pahami dulu aplikasi Geisa ini karena aplikasi ini baru dan memang belum ada sosialisasinya dari penggunaan pembuat aplikasi ini.

Apa itu Geisa Client

Server Goisa Client yang berada berpusat di Jakarta, membuat status koneksi ke Mesin (Finger Print) menjadi hijau, pastikan Mesin Finger Print telah terhubung dengan jaringan ip network sekolah melalui Kabel LAN ke jaringan ip network sekolah (HUB yang sama, Router yang sama, atau WIFI yang sama) sehingga Mesin Finger Print dapat berkomunikasi secara jaringan ke Laptop Anda.

Ip address yang digunakan pada Laptop dan Mesin Finger Print harus berada dalam satu segmen ip address yang sama, sehingga keduanya dapat saling berkomunikasi dengan baik lewat jaringan ip network sekola.

Secara Periodik Operator Aplikasi Geisa Client dapat melakukan pengiriman data log kehadiran ke Server Geisa yang berada terpusat, dengan cara melakukan klik pada menu “kirim ke Server”.

Dan secara kesisteman, Aplikasi Geisa juga memiliki fitur untuk melakukan pengiriman otomatis, tanpa harus di klik manual, dan atau yang dapat diseting sesuai kebutuhan yang dapat menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Untuk kondisi internet on terus di sekolah, maka aplikasi Geisa Client dapat diseting otomatis dan atau manual klik untuk mengirimkan data log kehadiran, sedangkan untuk koneksi internet yang mengalami terkendala / gangguan / blm ada layanan internet di sekolah, maka operator akan melakukan pengiriman data secara klik manual, setelah
menemukan koneksi internet Cara Instal Aplikasi Geisa Client

Cara Instal Aplikasi Geisa Client
1.     Instal Aplikasi Geisa Client, pada Laptop Anda yang sudah memiliki Aplikasi Dapodik. Buka http://geisa.online

Cara Instal Aplikasi Geisa Client Terkoneksi Aplikasi Dapodikdasmen
tampilan login

Silakan klik atau download file installer Aplikasi Geisa Client     ukuran file installer Aplikasi Geisa Client sebesar 41,2 MB harus Anda download pada saat pertama kali instal.
2.    Setelah proses download complete, buka dan instal Aplikasi Geisa Client pada komputer Anda.
3.    Setelah Proses Instal selesai, buka browser, kemudian ketik http://localhost:9315 untuk menjalankan Aplikasi Geisa Client pada browser, kami merekomendasikan browser chrome, untuk kelancaran operasional.

Cara Instal Aplikasi Geisa Client Terkoneksi Aplikasi Dapodikdasmen

4.    Silakan dilanjutkan dengan Login ke Aplikasi Geisa Client, dengan menggunakan username password yang sama dengan Aplikasi Dapodik Anda.
5.    Jika Anda sudah berhasil Login,berikut tampilan utama Aplikasi Geisa Client :

Cara Instal Aplikasi Geisa Client Terkoneksi Aplikasi Dapodikdasmen


Demikian Artikel Terbaru Terkait Cara Instal Aplikasi Geisa Client Terkoneksi Aplikasi Dapodikdasmen, Semoga Ada Manfaatnya.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id  ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


4 komentar untuk "Cara Instal Aplikasi Geisa Client Terkoneksi Aplikasi Dapodikdasmen"

  1. laptop saya baru aja instal ulang..trus instal lgi geisha client..tpi di gtk& pengawas tidak muncul gtk dri dapodik..solusi gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan pasword di dapodik sama pada saat login di aplikasi Geisa

      Hapus
    2. Anonim17:08

      digeisa tidak muncul nama PTK padahal di dapodik ada semua

      Hapus
  2. Anonim21:02

    Ini kenpa ya min?Waktu mau regis.. Muncul notifikasi "gagal registrasi. Mohon hubungi admin"

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.