Catatan Operator Sekolah Yang Tercecer DHGTK

DAPODIK.co.id - Catatan Operator Sekolah Yang Tercecer. Operator sekolah ya seorang operator sekolah memang tak ada nasi ya jagung, tak ubi ya makan petatas. Kreativitas tidak terbelenggu dengan keterbatasan, keberanian untuk mencoba dan mencoba lagi.


https://www.dapodik.co.id/2018/10/catatan-operator-sekolah-yang-tercecer.html

Kegagalan adalah tantangan yang mengasyikan seperti lecutan cambuk yang menjadikan kuda pacu yang berlari lebih kencang (tapi kita bukan kuda ).

Lokasi sekolah di pelosok dengan ketiadaan sinyal selular, yang walaupun kadang kala muncul sinyalnya tapi tidak kurang dari strip 2 (ibaratnya di TNI cuma prajurit dua). Solusinya untuk koneksi internet akhirnya seorang yang di namakan operator sekolah (OPS) gunakan wireless outdoor point to point menggunakan frekuensi 5 GHz.

Kejenuhan diri jika harus tiap hari mengisi DHGTK secara manual, belum lagi sering kali server DHGTK tidak bersahabat.

Sementara ketiadaan fingerprint di sekolah (maklum sekolah pelosok) menjadikan harus "mutar otak".

Akhirnya muncul inspiransi bagaimana menggunakan whatsapp api untuk menggantikan peran fingerprint sebagai bukti otentik kehadiran GTK di sekolah.

Dan akhirnya, seorang operator sekolah pula (Nama FB @Adithya Exa Ramadhan‎) kembangkan aplikasi FP HadirGTK 2019, yang cara kerjanya secara sederhana dapat di gambarkan: GTK saat tiba di lokasi sekolah dan sebelum pulang wajib mengirim/share lokasi koordinat atau dapat juga mengiri foto selfie dengan mengaktifkan fitur GPS melalui whatsapp dikirim ke nomor gateway.

Dari data tersebut nanti sistem akan merekam kehadiran GTK dan mengirim ke server dalam bentuk data fingerprint.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Catatan Operator Sekolah Yang Tercecer DHGTK "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->