Cara Mengisi Nilai Rapor dan USBN Dapodik 2019 SD (Kurikulum 2013/ KTSP)

DAPODIK.co.id – Operator Dapodikdasmen dimanapun anda berada Cara Mengisi Nilai Rapor dan USBN Dapodik 2019.a SD (Kurikulum 2013/ KTSP) merupakan pembahasan lanjutan dari realisasi aplikasi Dapodikdasmen. Tujuan dari pengisian hasil belajar peserta didik adalah pemetaan prestasi siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran disekolah serta dituangkan dalam bentuk buku laporan/ rapor.
https://www.dapodik.co.id/2018/09/cara-mengisi-nilai-rapor-dan-usbn.html
Cara Mengisi Nilai Rapor dan USBN Dapodik 2019.a SD (Kurikulum 2013/ KTSP)
Selain itu juga bisa menjadi evaluasi pemerintah sebagai pemegang utama pelaksana sistem pendidikan nasional.

Dengan dirilisnya data pokok pendidikan versi terupdate maka pengisian nilai rapor untuk semester ganjil/ 1 dan genap/ 2 tahun pelajaran 2018/2019 sudah kembali diaktifkan pada aplikasi dapodik . Pendidikan Sekolah Dasar (SD) penginputan nilai diterapkan melalui Dapodikdasmen.

Sedangkan tingkat Sekolah Menengah yaitu SMP/ SMA/ SMK menggunakan aplikasi e-rapor, semua sistem sudah disediakan oleh Direktorat Jendral pembinaan satuan pendidikan masingmasing.Meskipun memakai e-rapor tetap saja hasilnya nanti akan disinkronisasikan dengan aplikasi Dapodik.

Fitur menu nilai yang terdapat pada dapodik 2019 menggunakan kelengkapan data relasional dalam proses pendataan nilai, berikut ini beberapa instrumen file data yang perlu dipersiapkan kelengkapannya yaitu pemilihan implementasi kurikulum (KTSP/ Kurikulum 2013) pada bagian rombongan belajar, anggota rombel dan Pembelajaran.

Kegunaan data relasional untuk meminalisir terjadinya error yang disebabkan adanya file relasi menu nilai tidak lengkap. Perlu diketahui bahwa penginputan nilai rapor berasal dari semester sebelumnya. Jika terdapat mata pelajaran tidak tampil ketika akan dimasukan nilai, maka tidak perlu diisikan di semester tersebut.

Menu nilai memiliki fungsi masing-masing disetiap tombolnya, berikut ini penjelasannya:
1. Tombol Ubah > Memperbaiki/ edit data nilai.
2. Simpan > Menyimpan hasil input.
3. Hapus > Menghapus data.
4. Kunci nilai > Mengunci data nilai pada mata pelajaran yang dipilih.

Cara Mengisi Nilai Rapor dan USBN Dapodik 2019.a SD (Kurikulum 2013/ KTSP):
1.    Pertama download prefill rapor yang akan digunakan sebagai file awal dalam input nilai rapor.
2.    Simpan hasil unduhan tadi di sistem data local disk C, folder diberi nama Prefill_Dapodik.
3.    Selanjutnya masuk dalam tahapan generat prefill, pilih menu pengaturan dan pilih prefill rapor secara otomatis akan masuk pada aplikasi Dapodik.
4.    Untuk memulai pengisisan nilai rapor, silahakan masuk ke menu nilai.
5.    Mengisi nilai rapor bisa dilakukan dengan cepat, caranya unduh file nilai rapor dalam format M. Excel, berkordinasi dengan wali kelas masing untuk mengisinya file yang di unduh tadi.

Beikut Adalah Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menginput/ Mengisi Nilai Rapor:
1.    Login pengisian nilai rapor menggunakan akun PTK masing-masing guru mata pelajaran/walikelas, bukan akun operator sekolah (OPS). Akun OPS fungsinya untuk memantau PTK ketika sedang mengisi nilai.
2.    Jika Operator Sekolah merangkap sebagai guru mapel, di usahan antara akun OPS dan PTK yang dimiliki tidak sama, jika akunnya sama rubah terlebih dahulu email pada menu data rincian PTK.

Demikian penjelasan mengenai Cara Mengisi Nilai Rapor dan USBN Dapodik 2019.a SD (Kurikulum 2013/ KTSP), jika sahabat operator sekolah yang mungkin masih bingung dengan cara yang telah dimunculkan di atas, silahkan beri komentar pada artikel yang telah disediakan. Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengisi Nilai Rapor dan USBN Dapodik 2019 SD (Kurikulum 2013/ KTSP)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->