About us

MODUL PELATIHAN PENGUATAN KEPALA SEKOLAH SUPERVISI DAN PENILAIANKINERJA GURU (MPPKS-PKG)

Salah satu kebijakan prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  adalah peningkatan kompetensi kepala sekolah yang mampu berpikir visioner dalam memimpin dan mengelola sekolahnya. Target utamanya adalah membangun  tata  kelola  dan  budaya  mutu  di  sekolah  yang  berdaya saing tinggi.

Kepemimpinan abad 21 bagi kepala sekolah dapat dilakukan dengan beberapa  strategi diantaranya:

Pertama,  kepala  sekolah  harus  mampu  melihat peluang  dan  potensi  yang  ada  dengan  mengidentifikasi  masalah  di sekolahnya sebagai dasar pengembangan sekolah. Yang terpenting bagi  kepala  sekolah  adalah  pelibatan  secara  aktif  pemangku kepentingan (stakeholders) sekolah yaitu guru, tenaga kependidikan, peserta  didik  dan  orangtua  serta  pihak  terkait  di  luar  sekolah  untuk menyelesaikan  persoalan  sekolah.

Kedua,  kepala  sekolah  dalam perannya  sebagai  supervisor  harus  mampu  berperan  sebagai pemimpin  instruksional  dalam  merancang  dan  melaksanakan pembelajaran  abad  21  sesuai  dengan  konsep  pendekatan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills).

Ketiga, kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan abad 21 harus mampu mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan di sekolah baik guru,  tenaga  kependidikan,  maupun  orangtua  untuk  bersama-sama mewujudkan pendidikan yang dinamis sesuai dengan perkembangan industri  4.0. 

Keempat, kepala  sekolah  harus memberikan  dukungan semangat dan penghargaan kepada guru, tenaga kependidikan, dan peserta  didik  yang  telah  mencapai  hasil  atas  prestasi,  inovasi,  dan pencapaian lain yang membanggakan.
Modul  ini  berisi  panduan  sekaligus  salah  satu  referensi  yang  dapat digunakan  untuk  memandu  kepala  sekolah  dalam  pengembangan kompetensi  dan  profesinya  pada  pelaksanaan  pelatihan  penguatan kepala  sekolah  sebagai  salah  satu  syarat  untuk  menduduki  jabatan kepala  sekolah.

Kepala sekolah adalah pemimpin dan sekaligus penanggung jawab terselenggaranya  pembelajaran  yang  berkualitas  di  sekolah. Pembelajaran yang tinggi yang ditandai dengan kinerja yang baik. Oleh karena itu, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk menjamin  adanya  proses  peningkatan  profesionalisme  guru sekaligus  melakukan  penilaian  kinerjanya.

Salah  satu  upaya penting  dalam  pengembangan  pengembangan  profesionalisme dan peningkatan kinerja guru di sekolah adalah supervisi kepada guru. Oleh karena itu kepala sekolah harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan supervisi kepada guru. Pada sisi lain, guru harus dinilai kinerjanya melalui mekanisme Penilaian Kinerja Guru (PK Guru).

Modul ini membahas khusus tentang supervisi kepada guru dan PK Guru. Merujuk pada Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009, PK Guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama Guru  dalam  rangka  pembinaan  karier  kepangkatan  dan jabatannya. Dua kegiatan tersebut memiliki tujuan dan pendekatan yang berbeda. 

Supervisi kepada guru lebih bersifat membantu guru dalam  mengatasi  kesulitan  yang  dihadapi  agar  dapat meningkatkan  kualitas  pembelajaran,  sedangkan  PK  Guru  lebih condong pada justifikasi    kinerja guru. Berbagai pendekatan, teknik dan  model  supervisi  kepada  guru   yang  dilaksanakan  secara simultan  di  sekolah  diharapkan  berdampak  pada  peningkatan motivasi dan profesionalisme guru. Salah satu bentuk peningkatan profesionalisme  guru  adalah  kinerja  guru,   yang  diukur  dengan mekanisme PK Guru.

Modul  ini  penyampaiannya  harus  mempertimbangkan  social inclusion  (inklusi sosial) sekaligus penguatan pendidikan karakter (PPK)  dengan  nilai  utama  Nasionalisme  (sub  nilai  taat azaz/peraturan) dan kemandirian (sub nilai kreatif dan teguh prinsip). Kedua hal tersebut menyatu dalam proses pembelajaran sebagai upaya penguatan karakter bangsa.

Selengkapnya, Unduh Gratis MODUL PELATIHAN PENGUATAN KEPALA SEKOLAH SUPERVISI DAN PENILAIANKINERJA GURU (MPPKS-PKG).

Belum ada Komentar untuk "MODUL PELATIHAN PENGUATAN KEPALA SEKOLAH SUPERVISI DAN PENILAIANKINERJA GURU (MPPKS-PKG)"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel