Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Pesan Lewat Email Gmail Menggunakan HP

DAPODIK.co.id - Cara Mengirim Pesan Lewat Email Gmail Menggunakan HP. Sahabat pembaca setia dapodik.co.id dimanapun anda berada, era yang semakin canggih membuat semuahal bisa diselesaikan hanya dengan satu perangkat saja. Kalau dulu, mengirim email Gmail harus menggunakan komputer, tidak halnya dengan sekarang. Anda dimungkinkan berkirim pesan Email hanya menggunakan Android atau Smartphone Anda dimanapun dan kapanpun Anda membutuhkannya. Menarik bukan? Komputer atau laptop memang belum tentu setiap orang memilikinya tapi Handphone, setiap orang rata-rata memilikinya bukan?

 

Email biasanya digunakan untuk mengirimkan dokumen, file atau berkas penting. Yang lain lagi menggunakan email untuk kepentingan pekerjaan seperti mengirimkan informasi tertentu berkaitan dengan perusahaan. Bagi mahasiswa dan anak sekolah email digunakan untuk mengirim tugas kepada guru atau dosen. Nah, berbeda dengan sosial media lainnya email memang lebih bagus untuk mengirim sejumlah informasi baik dokumen, file, video, gambar, folder dan lain sebagainya yang ukurannya lebih besar dan dalam jumlah banyak. Namun, tidak semua orang tahu caranya mengirimkan pesan lewat HP Android. Alih-alih bahkan tidak mengetahui bahwa Handphone bisa juga berkirim pesan email. Padahal dengan cara ini, tentu saja akan semakin mudah dan cepat bukan? Nah, penyedia email di Android sendiri bisa digunakan mulai dari Gmail, Yahoo, icloud, outlook dan yandex. Semua dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda dan jenis email mana yang Anda gunakan.

 

Cara Mengirim Pesan Lewat Email Gmail Menggunakan HP

 

Tutorial Cara Mengirim Pesan Lewat Email Gmail

Ketahuilah bahwa sekarang, Handphone yang tercanggih sekalipun menggunakan akun email sebagai akun Google mereka. Jadi sangat praktis apabila Anda menggunakan satu email tersebut untuk akun Google dan email pribadi juga untuk berkirim pesan. Tak jarang juga dalam satu perangkat Anda bisa membuka lebih dari satu email sekaligus dengan perangkat yang sama. Apabila disini Anda belum tahu caranya berkirim pesan email lewat Android baik melakukan reply atau balas pesan, Forward atau teruskan sampai dengan pengaturan. Selengkapnya, silahkan simak tahapan berikut ini.

 

Cara Mengirim Pesan Lewat Email Gmail Menggunakan HP

 

Menggunakan Aplikasi Email di HP

 

Sekarang ini kebanyakan Handphone sudah dilengkapi dengan yang namanya aplikasi email. Atau bahkan bagi para pengguna Gmail, aplikasi ini juga sudah tertanam dalam beberapa jenis HP. Coba cek apakah Handphone Anda menyediakan aplikasi Email? Jika iya, silahkan untuk ikuti tutorial mengirimkan pesan melalui aplikasi Email di Android sebagai berikut:

1.    Buka aplikasi dan lakukan Log in untuk masuk keakun email Anda. Masukkan Email atau nomor telephone dan password Anda.

2.    Setelah berhasil masuk dalam halaman email akun Anda. Tampilan yang terlihat akan hampir sama persis seperti halaman email di laptop atau komputer Anda, hanya saja versi Android akan terlihat lebih simple.

3.    Selanjutnya, untuk beralih proses pada pengiriman pesan, perhatikan opsi gambar “icon pensil” yang terletak pada pojok kanan bawah halaman. Pilih atau sentuh gambar tersebut.

4.    Pada halaman tersebut Anda sudah bisa menuliskan pesan atau informasi yang akan dikirimkan. Beberapa opsi yang harus Anda isi adalah diantaranya mengisi “Kepada” dengan alamat email tujuan Anda, lalu “Subjek” dengan judul informasi yang akan dikirimkan, selanjutnya “Tulis Email” dengan isi pesan informasi Anda yang akan dikirim kepada si penerima.

5.    Apabila Anda ingin melampirkan file, dokumen, foto atau video, caranya klik icon seperti peniti pada bagian kanan diatas layar. Pilih dokumen anda dan selesai melampirkan. Anda bisa langsung menandai file yang berjumlah lebih dari satu dan dikirimkan secara sekaligus dengan “Select”.

6.    Setelah pesan yang dikirim sudah benar-benar siap untuk dikirmkan, maka silahkan untuk pilih icon seperti pesawat kertas yang posisinya berada di sebelah kanan atas. Tunggu hingga proses pengiriman pesan selesai dan pesan email Anda sudah terkirim ke email tujuan.

 

Menggunakan Bantuan dari Web Browser

 

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi Email dalam Handphone Anda, silahkan untuk menggunakan Web browser yang sudah ada di HP android Anda tersebut. Web browser yang Anda gunakan terserah sesuai dengan kenyamana Anda baik Google, Chrome, internet Explorer, Opera mini, Mozilla dan lain sebagainya. Bagaimana cara spesifiknya, perhatikan sebagai berikut:

1.    Bukalah halaman log in ke halaman utama email. Jika Anda menggunakan Gmail, tulis di opsi pencarian “Log in Gmail” maka secara otomatis Anda akan diarahkan pada halaman web gmail.

2.    Setelah menemukan halaman masuk email, Anda akan diperintahkan untuk mengisi alamat email atau nomor telephone serta kata sandinya.

3.    Setelah selesai melakukan log in, Anda sudah berhasil masuk dalam halaman Email akun Anda. Pada tahap ini Anda sudah bisa melakukan pengiriman pesan email.

4.    Halaman yang Anda lihat di web browser tidak akan jauh berbeda dengan saat Anda menggunakan aplikasi Email.

5.    Selanjutnya untuk tata cara pengiriman pesan, hampir sama seperti cara pengiriman pesan di aplikasi email. Silahkan lihat poin 4 sampai 6 pada cara berkirim pesan menggunakan Aplikasi Email di HP pada uraian sebelumnya.

 

Sangat mudah sekali bukan? Pada layanan Email baik di komputer, laptop dan Handphone adalah sama. Semua opsi dan menu tersedia. Melalui Android Anda juga akan dimudahkan dalam membalas pesan, menghapus pesan, mengubah foto profil, mengubah nama atau berbagai pengaturan lainnya yang biasanya hanya kita lakukan melalui bantuan laptop atau komputer.

 

Jika Anda ingin mengirimkan file dalam jumlah yang besar, tidak berdasarkan perangkat apa yang Anda gunakan. Melalui Android Anda juga bisa mengirim dalam jumlah yang besar dan banyak. Bagaimana caranya? Apabila lampiran yang dikirimkan adalah lebih dari 25 MB yang adalah batas maksimalnya. Maka. Anda bisa menggunakan bantuan dari Dropbox atau layanan Google Drive

 

Bagaimana caranya mengetahui apakah pesan yang kita kirimkan sudah terkirim atau belum? Cukup mudah, samahalnya penggunaan di komputer dan laptop Anda bisa mengecek nya di kolom kotak terkirim. Jika pesan yang Anda kirimkan berada di sana dengan status terkirim, maka secara otomatis pesan Anda memang sudah terkirim. Tidak ada yang terlalu sulit bukan?

 

Uraian diatas adalah metode sederhana berkaitan dengan cara mengirimkan pesan email. Gmail dan lainya cara penggunaannya hampir sama saja. Anda tidak akan bingung atau takut pesan belum terkirim atau bahkan salah kirim, karena melalui perangkat Handphone tidak kalah jelas menu dan opsi seperti di komputer atau laptop Anda. Silahkan untuk segera mempraktekkannya sendiri dan rasakan kemudahannya.

 

Tutorial ini bisa Anda terapkan juga dalam semua jenis Android. Karena sekarang ini rata-rata semua Handphone memiliki fitur Email yang lengkap dan bahkan lebih canggih jika hanya sekedar untuk berkirim pesan. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat dan membantu Anda. Semoga dengan tutorialnya Anda tidak akan merasa kesulitan lagi dalam mengirimkan pesan Email dengan Handphone.

 

Demikian Artikel Terbaru Cara Mengirim Pesan Lewat Email Gmail Menggunakan HP. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Cara Mengirim Pesan Lewat Email Gmail Menggunakan HP"