Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Pemutakhiran Data Kerusakan Bangunan (Sarana Prasarana) Aplikasi Dapodik Versi 2022.d

DAPODIK.co.id – Panduan Pemutakhiran Data Kerusakan Bangunan (Sarana Prasarana) Aplikasi Dapodik Versi 2022.d. Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Karena tanpa perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan.

 

Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan, maupun untuk melaksanaan program-program pendidikan secara tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date. Dengan ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan. Sehubungan dengan hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional telah mengembangkan suatu sistem pendataan skala nasional yang terpadu dan disebut dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

 

Panduan Pemutakhiran Data Kerusakan Bangunan (Sarana Prasarana) Aplikasi Dapodik Versi 2022.d

 

Panduan Pemutakhiran Data Kerusakan Bangunan (Sarana Prasarana) Aplikasi Dapodik Versi

Informasi terupdate ini ditujukan kepada: Yth. Bapak/Ibu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala LPMP, Kepala PP/BP PAUD dan Dikmas, Kepala Satuan Pendidikan, di seluruh Indonesia.

 

Standar sarana dan prasarana merupakan standar untuk kriteria minimal terkait informasi sarana dan prasarana yang harus tersedia dari setiap Satuan Pendidikan dalam rangka penyelenggaraan Pendidikan, Tujuannya agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Dalam rangka peningkatan mutu Kualitas Sarana Prasana, maka Satuan Pendidikan perlu melakukan pemutakhiran data kerusakan bangunan (sarana prasana) pada Aplikasi Dapodik. Kelengkapan data yang harus diisi meliputi ketersediaan sarana dan prasarana serta penilaian tingkat kerusakan bangunan dan ruangan. Berikut adalah cara untuk memperbaiki kerusakan bangunan pada Dapodik:

 

1.  Perbaikan Kerusakan Bangunan:

  1. Pilih Menu Sarpras, submenu Tanah dan Bangunan;
  2. Pilih satu baris tanah;
  3. Pilih satu baris Bangunan kemudian tekan tombol kondisi;
  4. Isi kondisi Pondasi, Struktur dan Atap.
  5. Tekan tombol simpan dan tutup.

 

2.  Perbaikan Kerusakan Sarana/Ruang:

  1. Pilih Ruang Kelas/Ruang Kepala Sekolah/Kamar Mandi atau WC/Ruang Penunjang;
  2. Buka detail bangunan (icon +);
  3. Pilih Ruang, kemudian tekan tombol kondisi ruang;
  4. Isi persentase tingkat kerusakan Dinding, Kaca, Pintu, Kusen, Plafon, Lantai, Utilitas, Instalasi Air dan Finishing;
  5. Tekan tombol simpan dan tutup.

 

Paparan Serta Panduan Pemutakhiran Data Kerusakan Bangunan (Sarana Prasarana) Aplikasi Dapodik Versi 2022.d:

 

Paparan Panduan Pemutakhiran Data Sarana Prasarana di Dapodik Versi 2022.d



Link Download Panduan Pemutakhiran Data Sarana Prasarana di Dapodik Versi 2022.d (Klik Disini).

Paparan Panduan Perhitungan Kerusakan Sarana Prasarana di Dapodik Versi 2022.d


Link Download Panduan Perhitungan Kerusakan Sarana Prasarana di Dapodik Versi 2022.d (Klik Disini).

 

Demikian Artikel Terbaru Terkai Panduan Pemutakhiran Data Kerusakan Bangunan (Sarana Prasarana) Aplikasi Dapodik Versi 2022.d. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.