Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Literasi Budaya dan Kewargaan - Modul Pelaksanaan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar

DAPODIK.co.id - Modul Literasi Budaya dan Kewargaan - Modul Pelaksanaan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar. Literasi finansial merupakan salah satu dari enam literasi dasar yang disepakati di Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum), yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan. Agar lebih berperan dalam percaturan dunia pada era global, literasi finansial harus dikuasai oleh guru dan peserta didik. Literasi finansial tidak

hanya berhubungan dengan bagaimana mengelola keuangan (pendapatan dan pengeluaran), tetapi juga berkaitan dengan pengetahuan dan kecakapan mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan risiko agar dapat membuat keputusan yang efektif dan tepat. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan finansial individu, keluarga, dan masyarakat.

 

Penerapan literasi financial berguna untuk menumbuhkan kesadaran pada masyarakat untuk membuat keputusan keuangan yang cerdas. Keterampilan seperti cara mengelola uang secara efektif, pembentukan anggaran yang baik, mengendalikan tabungan dan pinjaman, serta investasi.

 

Literasi finansial sebagai salah satu literasi dasar menawarkan seperangkat pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola sumberdaya keuangan secara efektif untuk kesejahteraan hidup sekaligus kebutuhan dasar bagi setiap orang untuk meminimalisasi, mencari solusi, dan membuat keputusan yang tepat dalam masalah keuangan. Literasi finansial juga memberikan pengetahuan tentang pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya sebagai amunisi untuk pembentukan dan penguatan sumber daya manusia Indonesia yang kompeten, kompetitif, dan berintegritas dalam menghadapi persaingan di era globalisasi dan pasar bebas dan juga sebagai warga negara dan warga dunia yang bertanggung jawab dalam pelestarian alam dan lingkungan dalam pemenuhan kebutuhan hidup dan kesejahteraan (Kemendikbud, 2017).

 

Literasi finansial harus diajarkan dan dimiliki anak agar dapat mengelola keungannya dengan tepat dan berguna. Jika anak sudah memiliki dan mampu menerapkan literasi finansial dengan baik, berbagai aspek kehidupannya akan lebih baik juga pada masa mendatang. Kemendikbud (2016) menjelaskan hal utama yang perlu dilakukan adalah mengenalkan anak dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan finansial atau menghasil uang. Misalnya, libatkan anak secara langsung dalam perdagangan, jual beli, bebelanja. Dengan mengikutsertakan anak dalam kegiatan-kegiatan tersebut, anak akan belajar langsung melalui contoh yang diberikan orang tua. Tujuannya agar anak mampu belajar bagaimana mengelola dan menghasilkan uang.

 

Pada pendidikan Sekolah Dasar guru harus mampu mendorong anak agar memiliki pengelolaan keuangan sendiri melalui merencanakan membeli barang sendiri, menyumbang untuk kegiatan yang disukainya, dan membeli kado dan hadiah untuk teman atau adiknya. Selain itu, guru juga dapat mengajak peserta didik untuk memanfaatkan fasilitas sekolah untuk menerapkan literasi finansial, misalnya mengenalkan aplikasi keuangan, menjadikan kebun sebagai tempat untuk  penghasilkan uang dengan menanam, misalnya sayur, singkong.

 

Ada lima prinsip dasar yang dipelajari di dalam literasi finansial, yaitu usaha atau bekerja, belanja atau konsumsi, menabung, berbagi, dan pinjam-meminjam. Orang tua dan guru menjadi acuan dan teladan bagi anak dalam mengembangkan kecakapan literasi finansial. Oleh karena itu, diharapkan orang tua dan guru: a) mampu mengetahui, memahami, dan mengaplikasikan literasi finansial di dalam kehidupan sehari hari, b) mampu mempraktikkan gaya hidup moderasi atau ugahari di dalam keluarga, c) berdisplin dalam menabung dan melakukan investasi untuk masa depan sekaligus bertahan di masa sulit dan darurat, d) mendorong dan menginspirasi peserta didik untuk berbagi dan berempati, e) membangun dan menguatkan karakter peserta didik melalui literasi finansial, dan f) mampu mengenali berbagai jenis atau bentuk kejahatan yang terkait finansial sejak dini.

 

Agar pendidik memiliki pemahaman yang utuh dan menyeluruh terhadap Modul Literasi Finansial, beberapa petunjuk belajar berikut perlu diterapkan.
a. Peserta membaca dan mempelajari modul dengan cermat.
b. Peserta mengikuti aktivitas belajar dengan cermat.
c. Peserta membaca dan mempelajari sumber-sumber lain yang relevan.
d. Peserta mengerjakan tugas pada setiap materi.
e. Peserta mengisi bahan evualusi yang terdapat pada lampiran.

 

Modul Literasi Finansial bertujuan sebagai bahan bimbingan teknis atau pelatihan bagi pendidik dalam rangka penerapan literasi finasial pada kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, modul ini juga bertujuan agar dalam kegiatan bimbingan teksnis atau pelatihan peserta:
a. mengetahui dan menguasai materi dan kegiatan ekstra kurikuler literasi finasial,
b. menerapkan praktik baik kegiatan ekstra kurikuer literasi finansial, dan
c. mengevaluasi penerapan kegiatan ekstra kurikuler literasi finasial.


Modul ini diharapkan tidak hanya bermanfaat untuk pengembangan literasi finasial, melainkan juga guru, peserta didik, dan sekolah. Manfaat tersebut antara lain:
a. memperkaya kegiatan literasi finansial di sekolah,
b. memudahkan guru menerapkan praktik literasi finansial,
c. membantu peserta didik memahami literasi finasial, dan
d. membantu sekolah mengembangan jenis kegiatan literasi finasial.

 

Modul Literasi Budaya dan Kewargaan - Modul Pelaksanaan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar

 

Modul Literasi Budaya dan Kewargaan

Selengkapnya, Paparan Serta Download Modul Literasi Budaya dan Kewargaan - Modul Pelaksanaan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar:


 

Link Download Modul Literasi Budaya dan Kewargaan - Modul Pelaksanaan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar (Klik Disini).

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Modul Literasi Budaya dan Kewargaan - Modul Pelaksanaan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.