Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Ampuh Merawat dan Menggunakan Flashdisk Yang Baik dan Benar

DAPODIK.CO.ID - 6 Tips Ampuh Merawat dan Menggunakan Flashdisk Yang Baik dan Benar. Salah satu jenis aksesoris pada perangkat komputer atau laptop adalah flashdik. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa flashdisk merupakan salah satu perangkat wajib yang harus dimiliki oleh para pengguna komputer atau laptop. Keberadaan flashdisk sangatlah penting dalam membantu tugas-tugas para pengguna komputer atau laptop.


6 Tips Ampuh Merawat dan Menggunakan Flashdisk Yang Baik dan Benar

Flashdisk adalah salah satu alat penyimpan data (storage device) yang bersifat portable atau bisa dibawa kemana-mana. Bentuknya yang ringan dan tidak terlalu besar membuat flashdisk menjadi salah satu favorit para pengguna komputer untuk menyimpan berbagai data komputer.


Berbagai jenis data yang umum dapat disimpan pada flashdisk dengan baik semacam data audio, video, teks, gambar bahkan beberapa aplikasi dan software.


Oleh karena itu sebagai pengguna komputer yang memanfaatkan flashdisk sebagai alat penyimpan data sebaiknya bisa merawat flashdisk dengan baik dan benar agar lebih awet. Ada beberapa tips merawat flashdisk yang baik dan benar agar flashdisk yang dipakai untuk bekerja lebih awet dan sehat dan memiliki kinerja yang prima.

 

6 Tips Ampuh Merawat dan Menggunakan Flashdisk Yang Baik dan Benar


1. Simpan Flashdisk di Tempat Mudah Diingat
Meskipun flashdisk memiliki peran yang sangat vital bagi para pengguna komputer, namun nyatanya flashdisk tidak digunakan setiap saat. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika flashdisk tersebut disimpan di tempat yang aman misalnya pada dompet khusus penyimpanan flashdisk. Jika kita menggunakan PC Desktop, flashdisk tersebut dapat kita simpan di laci meja komputer kita. Sehingga jika sewaktu-waktu kita membutuhkan bisa langsung menemukan. Namun jika kita menggunakan laptop, saya sarankan untuk menyimpan flashdisk di dompet khusus kemudian selalu dimasukkan ke dalam tas laptop. Hindari menyimpan flashdisk di berbagai tempat yang berbeda. Usahakan menyimpan flashdisk ditempat yang sama.

 

2. Jauhkan Flahsdisk dari Jangkauan Anak-anak
Anak-anak adalah masanya bermain. Ketika bermain secara tidak sengaja mereka menggunakan flashdisk untuk bermain. Hal ini disebabkan karena mereka belum mengetahui fungsi dan kegunaan flahsdisk yang tidak boleh digunakan untuk bermain sembarangan. Flashdisk yang dipakai untuk bermain bisa saja rusak, pecah dan sebagainya akibat dibanting, dicelup air atau aktivitas lainnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin jauhkan flashdisk dari jangkauan anak-anak jika kita tidak ingin kehilangan data-data penting yang tersimpan di flashdisk

 

3. Hindari Menyimpan File Hasil Download dari Internet secara Sembarangan
Sering kali kita menyimpan berbagai file atau dokumen yang kita peroleh dari hasil mengunduh dari Internet misalnya aplikasi, music/lagu mp3, video  dan sebagainya. Padahal belum tentu dokumen-dokumen tersebut bersih atau terbebas dari virus dan malware. Oleh karena itu pastikan file yang mau disimpan di flashdik sudah di scan menggunakan antivirus yang terbaru. Atau bisa juga memasang antivirus pada flashdisk.


4. Gunakan Flashdisk untuk Menyimpan 1 Jenis File Saja
Meskipun flashdisk dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file, namun saya sarankan lebih baik menggunakna satu flashdisk untuk menyimpan 1 jenis file. Misalnya satu flashdisk hanya digunakan untuk menyimpan file berkekstensi teks seperti hanya untuk menyimpan file Microsoft word, excel, power point dan pdf. Kemudian untuk menyimpan file berjenis gambar atau foto, gunakan flashdisk lainnya. Begitu juga untuk menyimpan file music, video atau aplikasi dan file-file lainnya, gunakan flahdisk yang berbeda, jangan dicampur jadi satu. Dengan demikian kita akan mudah membuat arsip file dokumen kita sesuai dengan jenis file. Disamping itu juga tidak memperberat sistem saat membaca data pada flashdisk ketika dicolokkan ke komputer atau laptop.


5. Hindari Menyimpan Data Secara Penuh pada Flashdisk
Setiap flashdisk mempunyai kapasitas ruang penyimpanan. Ada yang hanya mampu menyimpan data sebesar 1 GB, 2GB, 4 GB dan 8GB. Bahkan sekarang ini sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat dimana flashdisk sudah mampu memberikan ruang penyimpanan 16 GB, 32 GB dan bahkan lebih dari itu. Namun saya sarankan untuk menyisakan sedikit ruang kosong pada flashdisk agar tidak sampai terjadi flashdisk tidak dapat dibuka dan rusak karena terlalu penuh ruangan yang terisi oleh data atau file tadi.


6. Berilah Penanda Kontak pada Flashdisk 
Penanda kontak pada flashdisk meskipun sepele tapi dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi pemilinya. Dengan member penanda kontak atau identitas kita pada flashdisk akan membantu kita jika kita kehilangan flashdisk. Jika flashdisk tersebut tertinggal di warnet, ruang pertemuan atau dimana saja dan ditemukan oleh orang lain, bisa dikembalikan sesuai dengan penanda kontak pada flashdisk tersebut.


Bagimana, cukup simple dan mudah kan tips yang saya sampaikan? Jika flashdisk sudah menjadi salah satu bagian hidup kita, apalagi flashdik tersebut menjadi alat utama kita dalam bekerja, maka dari itu sayangi flashdisk kita.

 

Demikian Artikel Terkait 6 Tips Ampuh Merawat dan Menggunakan Flashdisk Yang Baik dan Benar. Semoga Ada Manfaatnya, Terima kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "6 Tips Ampuh Merawat dan Menggunakan Flashdisk Yang Baik dan Benar"