Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Siswa

DAPODIK.co.id - Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Siswa. Teka - teki silang adalah salah satu permainan yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua, mulai

dari yang muda sampai yang tua pun mengenalnya. Itu dikarenakan permainan teka - teki silang sudah berusia tua dan telah muncul sejak zaman dahulu kala, yang eksistensinya masih ada sampai saat ini.

 

Namun yang ingin dijadikan tema oleh penulis pada kesempatan kali ini adalah
mampukah teka-teki silang digunakan sebagai media pembelajaran? Sudahkah anda
memanfaatkannya?

 

Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Siswa

 

Manfaatkanlah Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Siswa

Sungguh luar biasa jika anda sudah mempergunakan media tersebut sebagai alat belajar siswa karena bagaimanapun jadulnya permainan tersebut, yang namanya teka - teki silang masih akan selalu relevan dan tidak akan termakan zaman. Admin dapodik.co.id sebagai seorang guru sangat merekomendasikan anda untuk mempergunakan media ini untuk keperluan belajar siswa, bahkan ini bisa dijadikan oleh anda sebagai tugas atau ulangan siswa.

 

Teka - teki silang dalam pengerjaannya akan menuntut seseorang untuk berfikir serta
berkonsentrasi pada saat mengerjakannya, apabila beberapa pertanyaan sudah terjawab maka hal ini akan mempermudah si pengisi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan lainnya, itu dikarenakan sudah ada beberapa huruf yang terisi dan bisa menjadi pembantu dalam menjawab pertanyaan yang telah disediakan.

Keadaan ini tentu membuat si pengisi akan menjadi semakian penasaran dan berusaha mencari jawaban yang belum terisi tersebut.

 

Nah jika teka-teki silang ini di kolaborasikan dengan media belajar siswa dan diaplikasikan dengan baik, maka akan tercipta sebuah efek positif bagi anak didik kita. Mereka akan semakin giat untuk belajar serta bersemangat menjawab semua pertanyaan TTS yang sudah kita sediakan tersebut. Sampai pada akhirnya mereka berhasil menjawab semua pertanyaan dan menguasi materi dengan baik.

 

Adapun garis besar manfaat penggunaan TTS sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut:

ü  Meningkatkan antusias belajar

ü  Meningkatkan konsentrasi

ü  Pertanyaan bisa dibuat banyak dan mencakup semua materi

ü  Memberikan rasa penasaran kepada siswa

 

Setelah membaca sedikit tulisan diatas, mungkin diantara anda ada yang berfikir "Benar juga sih ya, teka-teki silang bisa juga dijadikan media pembelajaran". Namun fikiran anda akan beralih ke sebuah pertanyaan,"Bagaimana cara buatnya?". Pertanyaan ini wajar saja muncul karena dalam membuat teka-teki silang memang tidaklah mudah, selain harus membuat soal dan jawaban anda juga harus membuat kotak-kotak yang sekiranya saling berhubungan antar satu jawaban dengan jawaban yang lainnya.

 

Namun tidak usah khawatir, sekarang sudah ada software komputer yang akan memudahkan anda dalam membuat teka-teki silang, eclipse cross word namanya. Dengan mempergunakan software tersebut anda akan dengan mudah membuatnya, cukup memasukan pertanyaan-pertanyaan beserta jawaban maka anda sudah bisa langsung membuat teka-teki silang.

 

Sofwer bisa anda dapatkan dengan sedikij mengklik googlw dan silahkan anda mencarinya.

 

Demikian Postingan Terbaru Terkait Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Siswa, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Siswa"