Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Mengikuti Pritest Agar Lulus Pritest PPG Dalam Jabatan

DAPODIK.co.id - 4 Tips Mengikuti Pritest Agar Lulus Pritest PPG Dalam Jabatan. Mulai tahun yang lalu untuk memperoleh sertifikat pendidik, jalurnya memakai pola Pendidikan Profesi Guru (PPG), baik prajabatan maupun dalam jabatan. Khusus PPG dalam Jabatan sebelum mengikutinya, diberikan pre test/seleksi dulu kepada kurang ratusan ribu ribu guru yang telah memenuhi syarat dan terundang oleh SIM PKB.


Untuk bisa lolos mengikuti PPG Dalam  Jabatan semakin berat. Karena kuota yang terbatas, nilai minimal hasil pretes, hasil ujian. Yang jelas, untuk pretest pertama lalu, hanya 50 %  kebawah yang lolos. Atau sekitar 26 ribu guru, dan itupun belum tentu semua bisa ikut PPG Dalam Jabatan, mengingat yang dijatah oleh pusat hanya 20 ribu saja, sedangkan beberapa daerah hanya sedikit yang siap menggelontorkan dana.

4 Tips Mengikuti Pritest Agar Lulus Pritest PPG Dalam Jabatan

Untuk pretest tahun ini merupakan seleksi untuk pelaksanaan PPG Dalam Jabatan tahun 2019- 2022. Jadi, jika nilai Bapak Ibu tinggi kemungkinan akan lulus dan mengikuti pretes lebih dulu.

Berikut ini pengalaman rekan guru yang lulus saat mengikuti pretest tahun 2019 lalu yang dituangkannya dalam tulisan di DAPODIK.co.id. Silakan disimak.

1. Pahami jenis soal
Pre test PPG mempunyai 4 jenis soal. Menurut pengalaman admin, tes kemarin (pretes 2019 berisi :
a.    Tes potensi akademik – 25 menit – 40 soal Isinya semacam psikotest. Ada hubungan kata, deret angka dan hubungan bentuk. Saya kira disini tidak hanya di tes tentang kemampuan kognitif, tapi juga kekuatan mental kita, he-he. Bagaimana tidak, kita diberi 40 soal dengan waktu 25 menit saja!
b.    Tes pedagodik – 25 menit – 15 soal Berisi soal tentang isi RPP dan macam-macam model pembelajaran. Pelajari RPP Anda, mulai dari atas sampai bawah, apa saja komponen dan urutannya. Baca juga macam-macam model pembelajaran beserta sintaks-sintaksnya.
c.    Tes Profesional – 60 menit – 50 soal Berisi pertanyaan tentang mapel yang Anda ampu. Soalnya antara 50-70 (saya lupa-lupa ingat).
d.    Tes bakat minat – 15 menit – 15 soal Berisi pertanyaan normatif tentang keseharian Anda mengajar. Juga ada soal esai, 2 buah. Jawaban soal esai diketik langsung di tempat yang sudah disediakan. Waktu itu, soal yang saya dapat adalah menanyakan pendapat tentang gerakan literasi dan penanaman karakter (menyanyikan lagu Indonesia Raya di kelas). Jawab saja sampai kotak yang disediakan penuh.

2. Perhatikan waktu Kendala yang banyak dialami peserta pre test adalah minimnya waktu untuk mengerjakan. Sehingga dari curhatan beberapa teman, mereka tidak selesai mengerjakan seluruh soal. Saya kira ini sangat merugikan. Perhatikan betul timer yang terpampang di kanan atas monitor Anda. Jangan berlama-lama di satu soal. Bila dirasa sulit, lewati dan kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.

3. Persiapan yang baik Hasil yang baik, bisa didapat sejak awal. Persiapkan diri semaksimal mungkin. Datanglah ke tempat tes minimal setengah jam sebelum ujian. Sempatkan berdoa agar diberi keyakinan diri. Jangan sampai mengikuti tes dalam kondisi lapar atau mengantuk.

4. Percaya diri Ini yang tidak bisa dibeli. Kepercayaan Diri hanya bisa didapat dengan keteguhan hati bahwa sudah belajar dengan baik. Buang jauh-jauh niat untuk nyontek atau bertanya ke teman sebelah. Niatkanlah mengikuti tes untuk beribadah.

Itu adalah sharing pengalaman admin mengikuti tes tempo hari. Memang tidak menjamin soalnya sama dengan yang admin deskripsikan. Tapi paling tidak bisa memberikan gambaran umum.

Demikian Penyampaian 4 Tips Mengikuti Pritest Agar Lulus Pritest PPG Dalam Jabatan. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "4 Tips Mengikuti Pritest Agar Lulus Pritest PPG Dalam Jabatan"