Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.C Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021

DAPODIL.CO.ID - Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.C Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021. Dengan hormat kami sampaikan bahwa dalam rangka pemutakhiran data pokok pendidikan (Dapodik), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah telah melakukan integrasi dan pemutakhiran aplikasi dapodik versi 2021.c yang akan digunakan untuk pengumpulan data semester genap tahun ajaran 2020/2021.


Untuk diketahui oleh para operator sekolah bahwa Aplikasi dapodik versi 2021.c berupa installer. Oleh karena itu, sekolah wajib hapus aplikasi dapodik versi 2021.b atau sebelumnya baru kemudian Unduh installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c. Untuk menginstall Aplikasi Dapodik Versi 2021.



Beberapa perubahan dan pembaruan terkait aplikasi dapodik versi 2021.c sebagai berikut:

·    [Pembaruan] Penambahan isian variabel apakah pernah PAUD Formal dan apakah pernah PAUD Non Formal pada registrasi peserta didik.

·    [Pembaruan] Penambahan isian variabel hobby dan cita-cita pada registrasi peserta didik.

·    [Pembaruan] Penambahan validasi variabel yang wajib diisi (mandatory) pada formulir peserta didik untuk kebutuhan Assesmen Nasional (berlaku selain jenjang PKBM dan SKB).

·    [Pembaruan] Penambahan tabulasi Kamar Mandi/WC pada menu Sarpras-Ruang.

·    [Perbaikan] Penutupan tambah peserta didik baru untuk jenjang PKBM dan SKB.

·    [Perbaikan] Perubahan prosedur pemetaan anggota rombel untuk jenjang PKBM dan SKB (mengikuti jenjang formal).

·    [Perbaikan] Perubahan filter pemilihan Ruang pada rombongan belajar Daring untuk jenjang PKBM dan SKB.

·    [Perbaikan] Penutupan tambah GTK baru bagi SILN, sekolah dibawah naungan KEMENAG dan wilayah daerah khusus.

·    [Perbaikan] Pelepasan validasi lokal terkait pengecekan inputan NIK untuk peserta didik.

·    [Perbaikan] Perbaikan pada isian tingkat pendidikan bagi sekolah Pratama Widya Pasraman (sekolah dibawah naungan KEMENAG).

·    [Perbaikan] Bugs fixing pada saat proses lanjutkan semester untuk kelas 13 pada jenjang SMK.


Catatan bahwa aplikasi dapodik versi 2021.c berupa installer, diharapkan kepada setiap satuan pendidikan untuk uninstall terlebih dahulu versi sebelumnya. 


Cara Installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c

Yang paling penting bahwa untuk memahami cara installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c. selengkapnya silahkan baca Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.C. karena di panduan ada tata cara unduh aplikasi, tata cara atau langkah-langkah menginstal aplikasi termasuk cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik 2021.C.


Generate Prefill Aplikasi Dapodik 2021.C

Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file.prf ). Generate prefill merupakan data sekolah hasil sinkronisasi terakhir. Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Aplikasi Dapodik yang aktif.


Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate prefill, se baiknya petugas pendataan mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum, antara lain:

a.  Generate prell yaitu tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara oine.

b.  Data sekolah yang diambil merupakan hasil sinkronisasi terakhir.

c.  Masukkan username, password dan kode registrasi sesuai di Aplikasi Dapodik.

d.  Jika ada penggantian petugas pendataan di sekolah kode registrasi, username dan password dapat diganti oleh Admin Dapodik di Dinas Pendidikan.

e.  Registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus mengguna kan prell , dengan syarat harus terhubung internet (online ).

f.   Jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prell yang lama (kadaluarsa). Jika ingin pindah ke komputer lain , lakukan siklus "sinkronisasi > generate prell ulang" untuk mencegah duplikasi data.


Selengkapnya, untuk memulai proses generate prell silakan lakukan langkah - langkah di bawah berikut:

a)   Buka laman http s://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan

b)   Pilih menu “DATA PREFILL”

c)   Pilih salah satu tautan unduh prell dapodik yang tersedia dan disesuaikan dengan kode mapping prell yang sudah tersedia sebagai berikut:

01: Prov. D.K.I. Jakarta

02: Prov. Jawa Barat

03: Prov. Jawa Tengah

04: Prov. D.I. Yogyakarta

05: Prov. Jawa Timur

06: Prov. Aceh

07: Prov. Sumatera Utara

08: Prov. Sumatera Barat

09: Prov. Riau

10: Prov. Jambi

11: Prov. Sumatera Selatan

12: Prov. Lampung

13: Prov. Kalimantan Barat

14: Prov. Kalimantan Tengah

15: Prov. Kalimantan Selatan

16: Prov. Kalimantan Timur

17: Prov. Sulawesi Utara

18: Prov. Sulawesi Tengah

19: Prov. Sulawesi Selatan

20: Prov. Sulawesi Tenggara

21: Prov. Maluku

22: Prov. Bali

23: Prov. Nusa Tenggara Barat

24: Prov. Nusa Tenggara Timur

25: Prov. Papua

26: Prov. Bengkulu

27: Prov. Maluku Utara

28: Prov. Banten

29: Prov. Kepulauan Bangka Belitung

30: Prov. Gorontalo

31: Prov. Kepulauan Riau

32: Prov. Papua Barat

33: Prov. Sulawesi Barat

34: Prov. Kalimantan Utara

35: Luar Negeri

36: Hong Kong


Contoh untuk mengunduh prefill provinsi DKI Jakarta, gunakan kode 01:

1) http://prefill1.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik_2020_01/generate_prefill.php

2) http://prefill1.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik_2020_01A/generate_prefill.php

3) http://prefill1.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik_2020_01B/generate_prefill.php

4) http://prefill1.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik_2020_01C/generate_prefill.php

5) http://prefill1.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik_2020_01D/generate_prefill.php

6) http://prefill1.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik_2020_01E/generate_prefill.php


d) Masukkan username, password, dan kode registrasi.

Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill merupakan data pengguna yang terdaftar di server pusat. Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, segera lakukan konfirmasi dengan Admin Dapodik Dinas Pendidikan. Setelah berhasil memasukkan username, password, dan kode registrasi, klik “Generate” dan tunggu proses selesai. Klik “ Download” dan simpan prefill tersebut di drive C: \ dengan nama folder “prefill_dapodik”.


Kode Registrasi Aplikasi Dapodik. Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbud dan memiliki NPSN. Kode registrasi tersebut akan otomatis terbit dan dapat dicek oleh admin dinas pendidikan melalui manajemen dapodik.


Paparan Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.C Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021:



Link download Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.C Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021 (disini)


CATATAN PENTING
Berdasarkan informasi yang dirilis dalam halaman dapo.kemdikbud.go.id, segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah agar segera menugaskan Petugas pendataan untuk mengunduh Unduh installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c. kemudian melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodik versi 2021.c dan melakukan pemutakhiran data semester 2 tahun ajaran 2020/2021. Bagi PAUD dan pendidikan kesetaraan pemutakhiran data untuk program BOP dilakukan paling lambat pada Minggu, 28 Februari 2021 dengan tetap menjaga kualitas data. 


Demikian Informasi Terbaru Terkait Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.C Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.C Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021"