Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Orang Tua Cari Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Anaknya Terbaru

DAPODIK.CO.ID - Cara Orang Tua Cari Penerima  Program Indonesia Pintar (PIP) Anaknya Terbaru. Salam jumpa kembali sahabat pembaca setia DAPODIK.CO.ID dimanapun anda berada.

 

Artikel kali ini louncing dikarenakan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul lewat email DAPODIK. CO.ID terkait bagaimana cara orang tua atau wali bisa mengecek Dana PIP bagi anak-anak mereka yang sementara duduk dibangku sekolah mereka.

 

Tujuan PIP

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus. melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

 

Prioritas Sasaran Penerima PIP

·         Peserta Didik pemegang KIP

·         Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:

o   Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan

o   Peserta Didik dari keluarga pemegang KartuKeluarga Sejahtera

o   Peserta Didik yang berstatus yatimpiatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan

o   Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam

o   Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah

o   Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah

o   Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya

 

Pemanfaatan Dana PIP

Dana PIP dapat digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

 

Untuk masalah pengecekan Pencairan Dana PIP ( Program Indonesia Pintar ) saat ini orang tua juga bisa mengecek apakah siswanya mendapatkan Dana PIP Tahun ini atau tidak dengan cara mengunjungi situs resminya di  https://pip.kemdikbud.go.id.

 

Situs ini merupakan situs yang dibangun oleh Kemendikbud yang tujuannya untuk memudahkan para guru, Operator, Kepala Sekolah, dan Orang tua siswa untuk mengecek apakah siswa atas nama si A mendapatkan Dana Bantuan PIP tahun ini atau tidak.

 

Cara Orang Tua Cari Penerima  Program Indonesia Pintar (PIP) Anaknya Terbaru

 


Untuk diketahui oleh semua masyarakat bahwa sekarang ini sudah bisa dengan cara mudah untuk cek dana PIP untuk anaknya di halaman berikut : pip.kemdikbud.go.id, tapi sebelum itu harap disiaapkan dulu nomor NISN, tanggal lahir dan nama ibu kandung dan silahkan ikut arahan melalui tutorial Cara Orang Tua Cari Perneri  Program Indonesia Pintar (PIP) Anaknya Terbaru:

 

1. Masuk Ke Website resminya di https://pip.kemdikbud.go.id.

 


2. Masukkan NISN Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung siswa, untuk orang tua siswa bisa meminta ke siswa berapa NISN dari anaknya.

 

3. Contoh dibawah ini adalah menyecek data siswa yang mana siswa ini merupakan siswa di sekolah dan untuk mengeceknya bisa memasukkan NISN ( Nomor Induk Siswa Nasional ), Tanggal Lahir dimulai dari Tahun lahir, Bulan Lahir, dan Tanggal Lahir, Setelah itu masukkan nama Orang tua siswa.

 


4. Jika berhasi login maka muncul siswa memang benar-benar mendapatkan dana bantuan siswa miskin BSM atau PIP pada tahun berjalan.

 

Bagaimana, cukup mudah bukan, untuk orang tua siswa yang ingin mengecek apakah anaknya mendapatkan dana bantuan seperti PIP maka lakukan dengan cara seperti diatas, cara ini bisa dilakukan supaya tidak ada penyalahgunaan dana bantuan oleh sekolah.

 

Demikian Cara Orang Tua Cari Penerima  Program Indonesia Pintar (PIP) Anaknya Terbaru, dan apabilah mengalamii kendala dalam mengakses halam yang di tujukan, silahkan beri komentar yang tersedia di akhir artikel ini. Demikian dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


2 komentar untuk "Cara Orang Tua Cari Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Anaknya Terbaru"

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.