Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbaru, Surat Rekomendasi Psikolog Siswa Sekolah Dasar (SD) Umur Kurang Dari 7 Tahun

DAPODIK.CO.ID - Terbaru, Surat Rekomendasi Psikolog Siswa Sekolah Dasar (SD) Umur Kurang Dari 7 Tahun. Memasuki pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tentunya bagi anda orangtua dari peserta didik yang akan mendaftarkan anaknya yang telah memasuki usia SD. Tentu sudah mulai ada rencana sekolah mana yang cocok buat anak saya?. Bagaimana dengan anak saya yang kurang dari 7 tahun? Padahal anak saya kurang 1 hari dari tanggal batasan minimal diterimanya yakni tanggal 02 Juli 2015. 


Terbaru, Surat Rekomendasi Psikolog Siswa Sekolah Dasar (SD) Umur Kurang Dari 7 Tahun

Sesuai dengan peraturan penerimaan peserta didik baru pada jenjang sekolah dasar bila ada anak kurang dari 6 tahun wajib melampirkan surat rekomendasi dari psikolog?. Tentunya anda akan bertanya ke mana saya mencari psikolog guna memperoleh surat rekomendasi tersebut?. Saya tinggal di daerah yang tidak dekat dengan pusat kota, mohon maaf boleh dibilang daerah 3T.

Guna mempermudah pelayanan bagi orang tua peserta didik yang ternyata anaknya kurang dari 6 tahun satuan pendidikan Sekolah Dasar dapat memberikan rekomendasi pengganti dari rekomendasi psikolog.

Panitia Pendaftaran Peserta Didik baru bisa mengeluarkan surat rekomendasi dari dewan guru yang ditunjuk oleh sekolah untuk melakukan serangkaian pemeriksaan psikologi terhadap siswa baru yang memiliki usia kurang dari 6 tahun.

Pemeriksaan yang dimaksud meliputi beberapa indikator-indikator dibawah ini:

1.            Pengamatan bentuk dan kemampuan membedakan

2.            Motorik halus

3.            Pengertian tentang besar jumlah dan perbandingan

4.            Pengamatan tajam

5.            Pengamatan krisis

6.            Konsentrasi 

7.            Daya ingat

8.            Pengertian tentang objek dan penilaian terhadap situasi

9.            Memahami cerita

10.         Gambar

Saat pemeriksaan, Umar tampak sungguh-sungguh. Hasil pemeriksaan menunjukkan kesiapan psikomotorik, kogitif, sosial dan emosi Umar termasuk kelompok siap untuk sekolah. Skor optimal yang diperoleh Umar untuk subtes Pengamatan bentuk dan kemampuan membedakan, pengertian tentang perbandingan besar jumlah & membandingkan dan daya ingat.

Skor standar untuk siap sekolah adalah 93. Skor standar yang diperoleh Umar adalah 107. Artinya, dari kemampuan psikologis secara umum, Umar siap mengikuti pembelajaran di Sekolah Dasar.

Berikuti ini contoh kalimat rekomendasinya "Saat Tahun Pelajaran 2021/2022, usia kronologis Umar adalah 6  Tahun 11 Bulan. Dengan mempertimbangkan skor di atas Umar SIAP BERSEKOLAH di SD."

Selanjutnya surat rekomendasi dari dewan guru tersebut ditandatangani oleh guru yang melakukan pemeriksaan dan diketahui oleh Kepala Sekolah pada satuan pendidikan tersebut.

Setelah peserta didik dinyatakan layak oleh psikologi dan dewan guru, maka dokumen tersebut diserahkan kepada Operator sekolah untuk diupload pada situs pendataan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Bagi anda yang memerlukan surat  rekomendasi psikolog dapatanda unduh di sini.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi anda orangtua, Panitia PPDB, dan Sekolah guna mengsuksesnya kegiataan PPDB tahun ini. Sampai jumpa dengan artikel www.dapodik.co.id selanjutnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

4 komentar untuk "Terbaru, Surat Rekomendasi Psikolog Siswa Sekolah Dasar (SD) Umur Kurang Dari 7 Tahun"

  1. upload suratnya dmna ya ? versi terbaru dapo belum nemu tempatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kumpul saja ke kantor dinas Pendidikan

      Hapus
  2. Anonim16:17

    Maaf gimana cara download surat rekomendasinya

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.