Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Data Prefill Tidak Ditemukan, Memproses Data Mohon Tunggu Pada Registrasi Update Instal Aplikasi Dapodik Offline Online Terbaru

DAPODIK.CO.ID, Data Prefill Tidak Ditemukan, Memproses Data Mohon Tunggu Pada Registrasi Update Instal Aplikasi Dapodik Offline Online Terbaru. Seperti biasanya ketika Dapodik melakukan update terbaru maka aplikasi dapodik yang ada pada sekolah harus mengikuti perkembangan update juga baik dalam bentuk installer maupun updaternya.

Terkadang dalam langkah ini operator sering gegabah artinya banyak sekali operator langsung melakukan install ulang secara serta merta tanpa melakukan syncron data terlebih dahulu sebelumnya sehingga banyak menyebabkan data-data yang rusak. Dapodik akan mengambil data terakhir kali yang di syncronkan oleh operator ke server pusat dengan waktu 2x24 jam paling cepat.


Jadi langkah antisipasinya adalah pastikan terlebih dahulu data yang di syncron ke server pusat.

Selain problem diatas, kadangkala masalah lainpun sering kali masih muncul saat operator melakukan registrasi ulang baik secara offline maupun online. Seperti halnya ketika melakukan registrasi dapodik secara offline, data prefill tidak ditemukan bahkan ketika mencoba registrasi secara online pun bisa memakan waktu sampai seharian penuh. Apa yang salah, dan bagaimana cara mengatasinya?

Berdasarkan pengalaman dan mungkin ini akan berbeda dengan kondisi teknis (Jaringan, Laptop/ PCnya) yang sedang Anda alami namun dalam permasalahan yang sama seperti yang telah disebutkan diatas.

Cara Registrasi Update Install Dapodik Secara Online


1. Regristasi.
2. Pilh jenis regitrasi Online.
3. Masukan kode registrasi (kode unik yang diambil di akun SDM-PDSPK  http://sdm.data.kemdikbud.go.id/.
4. Pilih jenjang sesuai sekolah.
5. Masukan username (email dapodik yang sudah didaftarkan).
6. Password.
7. Submit.
8. Tunggu sampai proses loading data selesai (biasanya membuatuhkan waktu kurang lebih 5 menit)

Memproses data Mohon Tunggu, Regitrasi Aplikasi Dapodik Online

Penyebab lamanya saat melakukan registrasi dapodik secara online biasanya terkedala jaringan koneksi internetnya maupun jaringan server dapodik pusat yang menampung lalulintas yang banyak. Solusinya adalah pastikan bahwa koneksi internet kuat, lakukan saat registrasi dapodik secara online pada waktu yang minim lalulintas.

Gagal registrasi dapodik secara online bisa juga disebabkan karena pada laptop atau PC anda masih menyimpan cache dapodik yang lama. Solusinya bersihkan semua berkas dapodik yang lama dengan tool pembersih. Jangan sekali-kali melakukan install dapodik tanpa Uninstall.

Pernah juga admin melakukan registrasi dapodik secara online sampai 20 menit lamanya namun belum berhasil masih dalam keadaan loading, saat itu admin tutup paksa kemudian admin buka lagi dan ternyata sudah berubah ke tampilan login dengan sendirinya.

Cara Registrasi Update Install Dapodik Secara Offline


Secara umum melakukan registrasi dapodik secara offline, langkahnya hampir sama dengan registrasi online hanya saja yang membedakan adalah generate data prefillnya. Jika melakukan registrasi secara offline maka harus mendownload dahulu data prefillya.

Data Prefill Tidak Ditemukan Regitrasi Dapodik Offline

Ada beberapa penyebab gagalnya dalam melakukan registrasi ulang dapodik secara offline. Secara umum data prefill tidak ditemukan saat registrasi offline karena belum menaruh data prefill pada folder prell_dapodik solusinya download data prefill di
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan#prell biarkan nama dan lenyap secara default dan jangan sampai merubah nama tersebut. Lakukan regestrasi ulang dengan cara diatas, tunggu sampai proses data loading selesai.

Saat melakukan registrasi offline, matikan data koneksi internet karena ini juga akan menyebabkan gagalnya saat registrasi.

Demikian Informasi Terbaru Terkait Data Prefill Tidak Ditemukan, Memproses Data Mohon Tunggu Pada Registrasi Update Instal Aplikasi Dapodik Offline Online Terbaru, Semoga Ada Manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


23 komentar untuk "Data Prefill Tidak Ditemukan, Memproses Data Mohon Tunggu Pada Registrasi Update Instal Aplikasi Dapodik Offline Online Terbaru"

  1. asalamualaikm..saya dari Deli serdang mau brtanya,saya sdh mngerjakn dapodik setengah jalan,tiba -tiba teman brtanya,apakah udh d cofy k data C? sy cari di data C,tdk sy temukan,pertanyaan sy,Apa yg harus sy lakukan biar ada trsimpan sprti yg dimaksudkan?sy tunggu jawabannya segera trim's.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah bertanya.
      jawaban kami adalah, setelah ibu instal dapodik, makan prefill dapodik yang di pastekan ke drive akan di tarik oleh drive c sendirinya. oleh karena itu, prefill dapodik secara otomatif hilang dari drive c.

      trus teman yang bertanya itu ternyata kurang paham juga, masah sudah kerja dapodik tanpa awal instal prefillnya.

      Hapus
  2. asalamualaikm..saya dari Deli serdang mau brtanya,saya sdh mngerjakn dapodik setengah jalan,tiba -tiba teman brtanya,apakah udh d cofy k data C? sy cari di data C,tdk sy temukan,pertanyaan sy,Apa yg harus sy lakukan biar ada trsimpan sprti yg dimaksudkan?sy tunggu jawabannya segera trim's.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah instal dapodiknya ?

      Hapus
  3. Maaf...maw tanya...setelah kita download prefill dan install dapodik maka berapa lama untuk proses registrasi dapodik

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau jaringannya kuat, palingan 5 menit saja proses registrasinya

      Hapus
  4. dapodikx saya unniinstal kamudian prefilx tdk ditemukan pada saat regis
    padahal sdh saya download dan copy

    BalasHapus
  5. mohon solusinya,saat saya registrasi dapodik 2022 dgn
    mgunakan prefil jawabannya file prefil TDK ditemukan,kira2 solusi bagamana.💅💅

    BalasHapus
    Balasan
    1. mgunakan prefil jawabannya, apa maksudnya?

      Hapus
    2. Mungkin maksudnya saat registrasi secara ofline, saat registrasi ofline gagal keterangan file prefil tidak ditemukan padahal sudah memasukan prefil di data c prefil_dapodik.

      Hapus
    3. gunakan registrasi online saja

      Hapus
  6. Mohon solusi kak.saat sinkron "anda menggunakan prefill lama silahkan insal ulang"
    -Sudah clear history
    -sudah refres ctrl +F5

    Saya pakai registrasi online

    BalasHapus
  7. Bagaimana cara supaya prefil ditemukan. Jika kode registrasi terbaru lupa ?

    BalasHapus
  8. Anonim10:53

    Selamat siang, mohon bantuannya, mengapa tidak bisa dimasukkan prefil rapor padahal sudah kita download. kita tidak menggunakan erapor, tapi rapor manual. mohon saran. terimakasih

    BalasHapus
  9. Anonim08:50

    saya ingin bertanya, kenapa dapodik saya tidak dapat log in trus.
    padhal saya tdak mengganti pasword nya.
    terus laman awal juga hanya terlihat separo ?

    BalasHapus
  10. Anonim17:17

    Ijin bertanya saya mau ngeinstall patch dapodik terbaru 2024 di dapodik 2023.d, tapi malah ke install yang patch 2022 yang masih ada di leptop, apakah data akan hilang?
    Pas mau install dapodik 2024 prefil nya tidak terbaca terus dan ukuran prefile 500kb, sudah di hapus historis google chrome nya juga sama susah masuk ke dapodik
    Mohon solusinya 🙏

    BalasHapus
  11. Anonim17:19

    Tambahan lagi untuk file prefil sebelumnya ukurannya 4 MB

    BalasHapus
  12. Saya lupa mematikan data saat proses registrasi offline. Tapi registrasi berjalan lancar. Apakah ini akan berpengaruh pada kinerja aplikasi dapodik? Apakah saya harus registrasi ulang? Atau uninstall ?

    BalasHapus
  13. Anonim17:52

    Ijin beratanya. Beberapa kali mau registrasi selalau gagal. Online offline sama selalu gagal. Bagaimana solusinya. Saya juga sdh uninstal aplikasi dapodik yg lama

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.