Perlengkapan Sekolah Lengkap Untuk Jenjang Anak TK, SD, SMP dan SMA

DAPODIK.CO.ID - Apa saja perlengkapan yang harus kamu bawa ketika berangkat ke sekolah? Tentu saja beda jenjang pendidikan dan jenis kelamin berbeda pula kebutuhan alat yang harus dibawa ke sekolah. Perlengkapan anak TK, tentu berbeda dengan anak SMA atau SMK, begitu juga dengan jurusan IPA dan IPS.


Kebutuhan untuk anak perempuan juga tentu beda dengan laki-laki. Dan kali ini kosngosan akan mencoba mengulik lebih dalam lagi mengenai beberapa tools yang membantu mu dalam mengikuti proses belajar didalam kelas bersama guru.


Contoh Perlengkapan Sekolah

Sekolah adalah salah satu institusi resmi di mana kita mendapatkan pendidikan secara formal dari guru yang membidangi mata studi masing masing. Saat ini di Indonesia sudah diwajibkan sekolah selama 9 tahun, yang artinya setiap warga negara wajib untuk mengenyam pendidikan sampai tahap SMP.

Namun banyak saudara kita yang berada di daerah marginal, mereka bersekolah menggunakan peralatan seadanya. Bahkan ada yang mengenakan tas plastik atau tidak memakai sepatu sama sekali untuk berangkat sekolah.

Satu-satunya kelebihan yang mereka miliki adalah semangat untuk tetap berangkat ke sekolah, sangat berbeda dengan kita yang tinggal di perkotaan, terkadang hanya malas malasan dan bahkan mencari alasan untuk bisa tidak masuk sekolah.



Berikut ini Adalah Perlengkapan Sekolah Lengkap Untuk Jenjang Anak TK, SD, SMP dan SMA


1. Tas ransel

Tas sekolah adalah kebutuhan wajib pertama yang harus sobat kosngosan persiapkan ketika hendak berangkat sekolah.


Oleh karena itu sebelum memilih tas sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhanmu saat ini. Tingkat SMA membutuhkan kapasitas tas lebih banyak dibanding tingkat SMP begitu juga untuk tingkat SD (walaupun terkadang terbalik) Dan tas ransel adalah salah satu jenis tas yang paling banyak dipakai oleh anak sekolah saat ini.

2. Tas Sandang
Model tas sandang memiliki keunggulan lebih sederhana dan simpel. Ukurannya juga relatif lebih kecil dan hanya muat untuk beberapa perlengkapan sekolah saja.

Tas ini cocok untuk sobat kosngosan yang tidak terlalu membutuhkan peralatan banyak ketika berangkat sekolah. Ingat untuk selalu mengubah arah sandangan tas untuk menghindari kelainan tulang punggung nantinya.

3. Sepatu Sekolah
Sepatu menjadi salah satu perlengkapan wajib dalam sekolah. Bagi anak SD mungkin yang sedang dalam pertumbuhan, sepatu menjadi cepat sempit dan sering membuat tidak nyaman. Jadi orangtua sebaiknya memilih nomor sepatu yang cukup longgar untuk kesehatan kaki dan jari jarinya.

Untuk model sepatu, disesuaikan dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah supaya sobat kos ngosan bisa mematuhi aturan dan disiplin sejak dini. Terkadang ada sekolah yang mengharuskan memakai sepatu berwarna hitam, ada juga yang tidak

4. Kaos Kaki Panja
Selain sepatu, perlengkapan pendukung untuk memakai sepatu adalah kaos kaki (umumnya berwarna putih atau hitam). Sobat kosngosàn harus mempersiapkan jumlah kaos kaki paling sedikit 3 pasang dalam seminggu.

Hal ini untuk meminimalisir terjadinya bau yang bisa menghampiri kaki. Biasakan juga kamu berganti kaos kaki setiap hari (dua hari sekali juga tidak apa apa) untuk menjaga kebersihan kaki dan sepatu tentunya.

5. Baju Seragam
Setiap tingkatan pendidikan memiliki baju seragam yang berbeda pada logo OSIS nya. Juga ada seragam khusus bagi sekolah tertentu, dan juga daerah tertentu. Ada juga seragam pramuka yang dikenakan pada hari tertentu. Jadi ini bisa berbeda pada masing masing tempat.

Intinya jangan lupa mengecek kondisi seragam apakah warna seragam masih bagus dan cerah. Apabila sudah mulai kusam sebaiknya kamu menggantinya dengan yang baru, atau kalau mau lebih hemat, silahkan rendam dengan pemutih selama beberapa waktu

6. Celana Seragam
Pada sekolah negeri, celana untuk SD berwarna merah, untuk SMP berwarna Biru dan untuk SMA berwarna abu abu.

Jadi ini juga bisa berbeda sesuai dengan sekolahnya dan daerah dimana kamu tinggal. Untuk siswi sekarang sudah wajib mengenakan celana dibawah lutut. Jangan mengenakan celana seragam yang ketat dan mencolok, karena akan melanggar peraturan sekolah.

7. Pensil
Bagi tingkat pendidikan TK, SD dan SMP mungkin pensil tetap diperlukan. Berbeda dengan sobat kosngosan yang sudah SMA, mungkin keberadaan alat ini sudah jarang dipakai.

Jangan lupa untuk menghindari pensil yang terlalu besar, banyak aksesori, serta tidak lunak saat digunakan. Ada baiknya menggunakan pensil 2B saja supaya hasil tulisan lebih jelas dan hitam

8. Penghapus
Ada pensil, ada pula penghapus. Ini adalah alat wajib yang berfungsi untuk menghapus tulisan yang dibuat menggunakan pensil di kertas.

Jadi bagi anak TK, SD dan SMP ini juga sangat diperlukan. Pilihlah penghapus yang bisa menghapus dengan baik. Bentuk penghapus juga terkadang jadi pertimbangan dengan bentuknya yang lucu juga punya kualitas yang baik tentunya.

9. Kotak Pensil
Seperti namanya, ini adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan pensil, penghapus dan bisa juga tipex dan pulpen juga. Kotak pensil juga bisa jadi salah satu penyemangat sobat kosngosan untuk tetap berangkat ke sekolah. Ada banyak model kotak pensil dan kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera masing masing.

10. Pena, Bolpoin atau Pulpen
Pulpen merupakan alat tulis yang ujungnya memiliki mata pena tajam yang diberikan pegangan dengan isian kantong tinta yang bisa menulis menggunakan tinta tersebut. Tinta dalam bentuk liquid ini telah diisi menggunakan mekanisme penyedot yang memasukkan tinta dari botol tinta ke dalam kamar tinta, dan akan perlahan habis seiring penggunaannya.

Kelebihan pena dibanding pensil adalah lebih kontras dan hasil tulisan juga lebih baik tentunya. Namun tidak mudah dihapus apalagi menggunakan penghapus karet. Jadi pena lebih sering digunakan oleh anak SMP dan SMA, karena penggunaannya lebih sulit.

11. Tipex
Sebenarnya ini adalah sebutan merek dagang yang dimiliki oleh perusahaan Jerman, yaitu Tipp-Ex GmbH. Namuns sering digunakan untuk merujuk kepada cairan putih pengoreksi ketika salah menulis menggunakan pulpen.

Di Indonesia sendiri, Tipp-Ex menjadi sebutan general, seperti arti kata "menipp-ex" berarti kamu melakukan kegiatan menghapus menggunakan cairan pengoreksi diatas kertas.

12. Buku Tulis
Buku tulis adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya, memiliki garis garis horizontal untuk pemuatan huruf dan dipergunakan untuk menulis dalam kegiatan bersekolah sehari hari.

Buku tulis banyak ragam dan mereknya. Ada yang jenis bongkar pasang seperti binder, atau jenis permanen seperti buku tulis Kiki dan sebagainya. Sobat kosngosan pastinya sudah pernah memakai salah satu brand tersebut, bukan?

13. Buku Gambar
Seperti namanya, buku gambar adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu, tidak memiliki motif apa pun dan berwarna putih kosong, dipergunakan untuk mencurah kan ide ide pikiran yang merupa gambaran atau sketsa.

Media ini sering digunakan untuk mata pelajaran kesenian, atau praktikum menggambarkan objek tertentu pada mata pelajaran lain.

14. Crayon dan Alat Menggambar
Kalau ada buku gambar, berarti ada juga alat untuk menggambar. Sobat kosng├│san memang bisa menggambar menggunakan pensil atau pena, tetapi hasilnya tidak akan sempurna.

Oleh karena itu kamu bisa menggunakan crayon atau spidol berwarna yang memiliki variasi warna yang dibutuhkan untuk menggambar sesuatu dengan sempurna.

15. Dasi sekolah
Dasi merupakan perlengkapan wajib yang harus dipakai ketika mengikuti upacara bendera di hari Senin pagi atau pada kegiatan khusus tertentu.

Penggunaan dasi juga biasanya disesuaikan dengan peraturan sekolah masing-masing dimana ada sekolah yang mewajibkan menggunakan setiap hari baik itu pada proses pembelajaran di dalam kelas atau hanya digunakan pada waktu upacara saja.

16. Topi Sekolah
Topi sekolah juga hampir sama dengan dasi yaitu suatu perlengkapan wajib yang harus dipakai oleh siswa ketika mengikuti upacara bendera tiba. Warna topi dan dasi menyesuaikan dengan tingkatan sekolah.

17. Jilbab
Ini merupakan salah satu perlengkapan wajib bagi siswi muslim. Karena saat ini Kementerian Pendidikan telah membuat suatu peraturan yang mewajibkan pelajar perempuan untuk mengenakan jilbab bagi yang teman kosngosan yang muslim, yang warnanya sesuai dengan jenis seragamnya, yaitu seragam osis dengan jilbab putih, dan seragam pramuka dengan jilbab cokelat.

18. Ikat Pinggang
Ikat pinggang sangat penting untuk memasukkan dan merapikan seragam sekolah. Sebagian sekolah memang ada yang mewajibkan baju seragam harus dimasukkan ke dalam celana namun ada juga sekolah yang tidak mewajibkan nya. Dan bagi yang mewajibkan ya maka kamu bisa menggunakan ikat pinggang untuk merapikan pakaian mu

19. Laptop
Salah satu perlengkapan wajib yang membedakan antara siswa zaman sekarang dengan siswa zaman dahulu adalah perangkat elektronik seperti laptop yang bisa membantu mereka dalam proses pembelajaran. Saat ini banyak sekolah yang melakukan proses e-learning dengan memanfaatkan laptop sebagai media pembelajaran.

20. Smartphone
Selain Laptop ada juga perangkat elektronik lain yang bernama smartphone atau HP pintar yang mendukung sistem pembelajaran di sekolah, seperti misalnya absensi online, cek tugas di sistem pelajaran online dan sebagainya.

Biasanya siswa menggunakan aplikasi khusus untuk bisa menunjang program sekolah didalamnya.

21. Kotak Bekal dan Botol Minum
Kita lanjut kepada perlengkapan yang sebenarnya tidak wajib tetapi cukup direkomendasikan untuk dibawa yaitu kotak bekal dan botol minum.

Karena menjaga kesehatan sangat penting maka alangkah baiknya kamu mempersiapkan bekal dari rumah dengan membawa makanan dan minuman yang sudah terjamin kehigienisan nya dibanding kamu membeli dari kantin

22. Obat - Obatan Pribadi
Apabila kamu punya penyakit tertentu yang mengharuskan untuk membawa obat-obatan maka itu adalah salah satu perlengkapan wajib yang harus kamu bawa ketika ke sekolah.

Bagi yang sehat juga tidak ada salahnya untuk membawa kotak P3K sebagai bentuk pencegahan apabila kamu mengalami hal yang tidak terduga. Kamu bisa masukkan ke jok motor atau memasukkan obatan2 nya saja di kantong tas sekolahmu

23. Parfum
Biasanya pewangi sangat erat kaitannya dengan kaum hawa karena para siswi di sekolah senang membawa parfum untuk menjaga aroma tubuh mereka dari bau yang tidak mengenakkan.

 Parfum lebih kepada opsional yaitu bagi mereka yang ingin tetap fresh. Jangan salah lho, cowok juga bisa bawa ini untuk menjaga mood belajarmu tetap stabil.

24. Perlengkapan Makeup
Bagi cewek cewek, make up sederhana seperti lipthin, bedak baby dan juga pelembab wajah mungkin adalah sesuatu yang wajib untuk dibawa ke sekolah.

Tapi tidak bagi anak cowok. Dan sebenarnya ini bukan keperluan wajib, karena tidak mendukung proses pembelajaran mu di sekolah juga, tapi lebih kepada gaya hidup yang menjaga penampilan.

25. Kaca Cermin
Sama dengan yang namanya perlengkapan make up cermin menjadi salah satu bagian yang penting bagi siswa di sekolah. Cermin digunakan untuk mengecek penampilan, termasuk posisi jilbab, kondisi kulit wajah dan sebagainya. Biasanya cukup cermin kecil dari kotak make up atau rautan pensil juga bias.

26. Kacamata
Buat kamu yang mengalami mata minus atau permasalahan seputar penglihatan maka kacamata menjadi salah satu perlengkapan yang wajib untuk kamu bawa ketika berada di sekolah.

Tapi ada juga siswa yang mengenakan kacamata untuk gaya-gayaan semata, jadi kacamata wajib buat yang membutuhkannya dan tidak wajib buat yang hanya ingin terlihat modis.

27. Seragam Olahraga
Dan perlengkapan yang selanjutnya adalah seragam olahraga yang digunakan ketika praktikum mata pelajaran pendidikan olahraga berlangsung.

Biasanya seragam ini terdiri dari kaos dan celana training yang sudah di sablon dan disesuaikan dengan ukuran tubuhmu. Mungkin kamu akan memakai seragam ini satu kali dalam seminggu.

28. Jas Hujan
Benda ini bukanlah alat tulis untuk sekolah. Namun sebagai pelindung anak saat berangkat dan pulang sekolah. Untuk jas hujan sudah pasti digunakan saat musim hujan datang. Sedangkan topi dan payung digunakan untuk melindungi si kecil saat panas terik agar kepalanya tidak kepanasan.

29. Kalkulator
Mungkin bagi sebagian sekolah ada yang melarang penggunaan kalkulator untuk menghitung seperti matematika atau fisika. Pada dasarnya penggunaan kalkulator juga tetap dibutuhkan, apalagi untuk menghitung suatu formulasi yang tidak bisa diketahui hasilnya dengan cepat, misal mencari nilai cos, tan, sin dll

30. Tabel Priodik
Buat teman kos ngosan yang mengambil jurusan IPA pastinya akan sangat akrab dengan. Ini adalah perlengkapan sekolah yang kamu perlukan ketika mengikuti pelajaran kimia. Walaupun saat ini keberadaannya sudah sangat jarang digunakan karena bisa digantikan oleh aplikasi di smartphone.

31. Penggaris
Perlengkapan terakhir yang akan mimin kosngosan bahas adalah penggaris atau ruler. Sangat penting untuk pelajaran kesenian, pembuatan gambar ruang pada matematika, dan segala pelajaran yang membutuhkan penggambaran secara presisi.

Kesimpulan Yang Admin www.dapodik.co.id  Sampai Yaitu


Buat yang sudah membaca beberapa perlengkapan di atas memang tidak semuanya wajib kamu miliki. Karena yang namanya keterbatasan juga tidak boleh mengurangi semangatmu untuk tetap berangkat dan menuntut ilmu ke sekolah.

Demikian ulasan dari kosngosan kali ini, semoga teman-teman lebih bersemangat lagi dalam bersekolah ah dan semoga menjadi generasi terbaik yang bisa membanggakan keluarga dan bangsa. Silakan bagikan artikel ini ke sosial media kalian dengan menekan tombol share di bawah.

Demikian Artikel Terbaru Terkait Perlengkapan Sekolah Lengkap Untuk Jenjang Anak TK, SD, SMP dan SMA. Semoga Ada Manfaatnya, Terima kasih.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Perlengkapan Sekolah Lengkap Untuk Jenjang Anak TK, SD, SMP dan SMA"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel