Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Berbasis Kecakapan Abad 21 Guru Sekolah Menengah Atas

Peningkatan kompetensi guru merupakan  salah satu  upaya yang diberikan kepada  para guru dalam rangka meningkatkan kualitas kompetensinya agar mereka dapat mewujudkan Pendidikan yang berkualitas bagi anak didiknya. Untuk itulah diperlukan sebuah system diklat yang berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan para pendidik  di lapangan dengan tidak meninggalkan idealism keilmuannya.

Salah  satu materi diklat yang disusun dalam rangka pemenuhuan kebutuhan materi diklat bagi guru adalah modul peningkatan kompetensi guru mata pelajaran PPKn SMA/SMK. Modul ini disusun sebagai bahan ajar diklat maupun panduan belajar mandiri oleh guru PPKn SMA/SMK. Modul yang terdiri dari kompetensi  pedagogik  dan profesional ini berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang disajikan secara sistematis dan menarik untuk mencapai  tingkatan kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya.


Tujuan  penyusunan  modul  ini  adalah  sebagai  panduan  belajar  bagi peserta  diklat  dalam  memahami  materi  PPKn  SMA/SMKdalam  upaya peningkatan  kompetensi.   Modul  ini  mengkaji  materi  pedagogik  dan profesional.  Materi  profesional  terkait  dengan  materi  PPKn  SMA/SMK  yang disesuaikan  dengan  Permendikbud  Nomor  24  Tahun  2016  tentang Kompetensi  Inti  dan  Kompetensi  Dasar,  di  antaranya  mencakup:  (1) Pembelajaran Kecakapan Abad 21 (4C, Literasi, dan HOTS), (2) Pancasila, (3) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, (4) Bhinneka Tunggal Ika dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, (5) Hukum dan Hak Asasi Manusia, (6) dan Politik dan Pemerintahan.

Pelatihan peningkatan kompetensi berbasis kecakapan abad 21 guru Sekolah Menengah Atas diberikan karena guru  memiliki  peran  penting  dalam  upaya  meningkatkan  kualitas pendidikan  terutama  di  satuan  pendidikan  tempat  dia  bertugas.  Guru merupakan  pendidik  profesional  dengan  tugas  utama  mendidik,  mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru profesional merupakan sebuah keniscayaan yang harus diwujudkan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih maju dan siap menghadapi tantangan global.

Modul pelatihan ini merupakan salah satu komponen kegiatan pelatihan yang akan menjadi bahan ajar bagi para guru pada saat mengikuti pelatihan. Modul  pelatihan  disusun  berdasarkan  kebutuhan  peningkatan  kompetensi profesional  dan  pedagogik  guru  sesuai  standar  kompetensi  guru  yang disyaratkan  menurut  Permendiknas  nomor  16  tahun  2007  tentang  Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru serta standar kompetensi masingmasing mata pelajaran.

Kompetensi profesional yang disusun pada modul ini mengacu  pada  standar  kompetensi  tiap  mata  pelajaran  yang  diampu  oleh guru. Sedangkan kompetensi pedagogik pada modul ini membahas kegiatan pembelajaran  yang  dimulai  dari  penyusunan  rencana  pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai, dan mengevaluasi hasil pembelajaran,  kemudian  juga  menyusun  dan  melaksanakan  program perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik.

PPPPTK PKn  dan IPS sebagai salah satu Unit  Pelaksana  Teknis  di lingkungan  Direktorat  Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan  mempunyai fungsi melaksanakan  peningkatan kompetensi  pendidik  dan  tenaga kependidikan melalui kegiatan  pelatihan, memiliki kewajiban  untuk menyiapkan fasilitasi pelatihan salah satunya adalah penyediaan bahan ajar berupa modul pembelajaran. Modul pelatihan ini, diharapkan dapat menjadi acuan dan pengembangan proses pembelajaran pada Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran PPKn.

Selengkapnya, Silahkan Unduh Gratis Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Berbasis Kecakapan Abad 21 Guru Sekolah Menengah Atas Disini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Berbasis Kecakapan Abad 21 Guru Sekolah Menengah Atas"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel